loading...
Kapolres AKBP Iwan Saktiadi mengecek pasukan sebelum pergeseran ke TPS. Dok. Polres Sukoharjo.

SUKOHARJO, JOGLOSEMARNEWS.COM -Sedikitnya tiga TPS di Sukoharjo menggelar Pemungutan Suara Ulang (PSU). Hal tersebut diakibatkan kesalahan administrasi dan kebijakan saat pencoblosan karena tidak sesuai dengan PKPU.

PSU alias Pemilu ulang digelar pada Sabtu 27 April 2019 mendatang. KPU telah menyiapkan empat jenis surat suara untuk PSU. Meliputi surat suara Pilpres, DPD, DPR RI dan DPRD Provinsi. Tidak ada pemungutan suara untuk DPRD Kabupaten.

Baca Juga :  Karyawati Bank Mandiri Dijambret di Jalan Calen Sukoharjo, Identitas Pelaku Telah Dikantongi Polisi

Ketua KPU Kabupaten Sukoharjo Nuril Huda, Kamis (25/4/2019) menyebutkan, TPS yang akan melakukan PSU yakni TPS 05 Desa Karanganyar Kecamatan Weru, TPS 07 Desa Toriyo Kecamatan Bendosari dan TPS 12 Desa Gedangan Kecamatan Grogol.

Pihaknya telah menggelar sosialisasi PSU ke perwakilan partai politik dan warga sekitar. Pelaksanaan PSU menindaklanjuti rekomendasi Bawaslu Kabupaten Sukoharjo. Bawaslu menemukan kesalahan administrasi dan kebijakan saat pencoblosan karena tidak sesuai dengan PKPU.

Baca Juga :  Fakta Ini yang Terjadi Hingga Pelayanan SIM STNK BPKB Hingga SKCK di Polres Sukoharjo Jadi Sasaran Survei

Di ketiga TPS itu, saat pemungutan suara ada seorang pemilih pindahan dari luar daerah yang ikut mencoblos. Tapi tidak membawa form A5 dan hanya menggunakan E-ktp. Aris Arianto