loading...
Penggalian di sekitar situs Candi Sirih Watukelir, Sukoharjo.

SUKOHARJO, JOGLOSEMARNEWS.COM –Hingga saat ini para peneliti dari Balai Arkelologi Yogyakarta melakukan penggalian di situs Candi Sirih, Watukelir, Kecamatan Weru, Sukoharjo. Tim berhasil menemukan sebuah Arca Candra di komplek situs tersebut.

Pemerhati budaya dan seni Sukoharjo, Bimo Wijanarko alias Kokor, Minggu (28/4/2019) mengatakan, Candi Sirih diduga kuat banyak digunakan untuk beribadah pemeluk agama Hindhu. Banyak hak masih tersembunyi di dalam Candi Sirih. Lantaran itu melaksanakan observasi mulai 24 April hingga 11 Mei.

Baca Juga :  Waduh, 870 Calhaj Sukoharjo Gagal Naik Haji Tahun Ini. Tapi Tenang Dana Bisa Diambil Namun Kemenag Menyarankan Ini

Tim terdiri dari 13 personil dari Balai Arkeolog Yogyakarta dan dua orang dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Sukoharjo. Dari penelitian yang dilakukan, Candi sirih memiliki satu candi inti yang dikelilingi tiga perwara.

Baca Juga :  Ini Lho Jumlah Kasus Positif Corona di Sukoharjo. Terbaru Ada Penambahan Dari Tenaga Medis

“Dua perwara sudah ditemukan,” kata dia.

Candi Sirih kemungkinan berdiri pada masa Mataram Kuno sekitar abad 8–10 masehi. Dasar dari Candi Sirih saat ini masih terpendam tanah.

“Untuk detil arca Candra belum bisa disampaikan karena masih diteliti,” ujar dia.

Arca Candra tersebut dititipkan di Gubuk Jananti dekat lokasi penggalian. Aris Arianto