JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Presiden Batal Mendarat di Bandara NYIA, Peresmian Ditunda

bandara NYIA
tempo.co
   

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM – Presiden Joko Widodo (Jokowi) batal mendarat di Bandara New Yogyakarta International Airport (NYIA) di Kulonprogo, DIY, Senin (29/4/2019).

Secara otomatis, peresmian bandara tersebut juga tertunda.

“Iya ditunda,” ujar Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan Polana Banguningsih Pramesti, Sabtu (27/4/2019).

Mulanya, bandara itu akan diresmikan langsung oleh Presiden Joko Widodo pada Senin (29/4/2019).

Kendati demikian, Polana tidak tahu pasti penyebab penundaan itu. Ia menduga salah satu alasannya adalah persoalan jadwal dari Presiden Jokowi.

“Mungkin Presiden ada agenda lain, itu Setpres (Sekretariat Presiden) yang menentukan,” katanya.

Baca Juga :  Refly Harun  Yakin Adanya Intervensi terhadap MK Sejak Awal Persidangan

Penundaan itu juga disampaikan oleh VP Corporate Secretary PT Angkasa Pura I Handy H melalui pesan resmi.

“Menindaklanjuti informasi dr Protokol Presiden dan Kemenhub maka acara Peresmian Pengoperasian Yogyakarta International Airport yag semula direncanakan pada Senin, 29 April 2019, ditunda hingga informasi selanjutnya,” ujarnya.

Sebelumnya, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan progres pembangunan sisi udara New Yogyakarta International Airport atau NYIA telah rampung atau mencapai 100 persen.

“Alhamdulillah Bandara New Yogyakarta International Airport sudah selesai kira-kira 20 persen untuk terminal penumpangnya, tetapi runway praktis sudah kita selesaikan 100 persen, bahkan dengan suatu kualifikasi yang mungkin paling baik di Indonesia,” kata Budi dalam keterangan tertulis usai meninjau langsung NYIA di Kabupaten Kulonprogo bersama Gubernur DIY Sri Sultan HB X hari ini, Rabu (24/4/2019).

Baca Juga :  Soal Endorsement Jokowi Selaku PRESIDEN  ke Prabowo-Gibran, Hakim MK: Tak Langgar Hukum, Cuma Potensial Jadi Masalah Etika

Menurut dia, rencananya tidak lama lagi NYIA akan beroperasi melayani penerbangan internasional dan sebagian penerbangan domestik dari dan ke Yogyakarta.

“Biasanya bulan puasa Lebaran di Jogja ini ramai sekali, direncanakan ada sebagian daripada penerbangan yang ada di Bandara Adisutjipto pindah ke sini ya kalau bisa 50 take off – landing berarti 25 persen pindah ke sini, tapi mungkin ini bertahap,” kata Budi.

www.tempo.co

 

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com