loading...
Ilustrasi Pemilu

SRAGEN, JOGLOSEMARNEWS.COM- Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) kembali menunjukkan hegemoninya di daerah pemilihan (Dapil) 4 pada Pemilihan Legislatif (Pileg) 2019. Berbasis dukungan nahdliyin itu hampir pasti sukses mengamankan dua kursi setelah perolehan suaranya merajai Dapil yang mencakup lima kecamatan Gesi, Sukodono, Tangen, Mondokan dan Jenar itu.

Data yang dihimpun dari berbagai sumber menunjukkan perolehan suara  PKB di Dapil 4 sementara menjadi yang tertinggi di antara parpol lain. Berdasarkan penghitungan perolehan suara dari salinan C1 yang dilakukan oleh internal parpol maupun Caleg, PKB meraup suara hampir 24.000 lebih.

Baca Juga :  2 Koruptor Alsintan Jilid 1 Sragen Divonis Satu Tahun Penjara Plus Denda Rp 50 Juta. Jaksa dan 2 Terdakwa Sama-sama Terima 

Caleg petahana PKB asal Gesi, Muslim menjadi salah satu yang memastikan diri mengamankan kursi pertama untuk PKB di Dapil ini. Kepada Joglosemarnews.com, ia mengatakan dari salinan C1, perolehan suaranya sudah menembus angka 8.000 lebih. Kursi kedua PKB hampir pasti jatuh ke tangan putri almarhum Husen Kusyaini legislator PKB asal Mondokan, Aldilah Kulsum.

Loading...

Menurut Muslim, raihan suara Kulsum mencapai angka 6.000an lebih.

“Alhamdulillah, PKB hampir positif bisa dapat dua kursi di Dapil 4. Perolehan suara total sampai saat ini hitungan kami sekitar 24.457 suara,” papar Muslim Senin (22/4/2019).

Baca Juga :  Bacakan Duplik, Mantan Bupati Agus Sebut Istilah Jebakan Batman dan Musang Berbulu Domba. Minta "Hukum Saya Seadil-adilnya", Berikut Duplik Lengkapnya! 

Menyusul PKB, PKS juga disebut bakal mengemas dua kursi seperti Pileg 2014. Menurut data sementara yang diterima, PKS disebut meraup 15.300an suara dari Dapil ini.

Dua kursi PKS dimungkinkan kembali jatuh ke dua petahana mereka, Wawan Yudi dan Hariyanto. Di belakang PKS, ada Golkar yang juga memastikan mengamankan satu kursi lewat petahana, Sri Pambudi.

Pambudi mengatakan dari salinan C1, Golkar meraih hampir 14.500 suara. Untuk suara by name yang mencoblosnya sekitar 6.400 suara. Meski berselisih tipis dengan PKS, Golkar diprediksi hanya kebagian satu kursi.

Baca Juga :  UNS Jalin Kerjasama dengan PT Ndayu Park Bitec

Sementara, PDIP harus kembali menelan pil pahit. PDIP hanya mampu mengoleksi perolehan suara sekitar 12.000an. Satu kursi PDIP diperkirakan jatuh ke tangan Eko Muji Suharto.

Sedangkan satu kursi tersisa disebut bakal menjadi milik Demokrat lewat petahananya, Mualim Sugiyono. Legislator senior itu berpotensi kembali melenggang untuk meraih kursi terakhir karena perolehan suaranya mencapai 6.000an.

Namun, prediksi di atas baru sebatas estimasi. Sedangkan kepastian dan hasil akhir tetaplah harus menunggu hasil pleno resmi dari KPU pada Mei mendatang. Wardoyo

 

 

Loading...