JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Sragen

Estimasi Perolehan Kursi Dapil I DPRD Kabupaten Sragen Hasil Pileg 2019. PDIP Berpeluang Raih 3 Kursi, Golkar Kehilangan Satu Kursi 

Ilustrasi Pemilu. Fraksi PDIP, PKB dan PKS mengusulkan penggunaan hak Angket terkait dugaan kecurangan Pemilu 2024
   
Ilustrasi Pemilu

SRAGEN, JOGLOSEMARNEWS.COM Pemilu serentak 17 April 2019 barusaja selesai digelar. Kini proses perhitungan suara masih berlangsung dan memasuki penghitungan di tingkat PPK.

Meski demikian, estimasi perolehan suara partai dan Caleg, mulai bermunculan dan beredar. Para Caleg pun dengan cepat bisa mengetahui perolehan suara mereka dengan mendasarkan perolehan suara dari laporan saksi dan kader yang tersebar di semua TPS di wilayah daerah pemilihan (Dapil) mereka.

Berdasarkan data yang dihimpun berbagai sumber, untuk Dapil I Sragen yang meliputi Kecamatan Masaran, Sidoharjo dan Sragen Kota, dipastikan terjadi perubahan komposisi perolehan kursi.

PDIP masih mempertahankan keunggulan yang diraih pada Pileg 2014. Bahkan di Pileg 2019 ini, PDIP yang pada 2014 meraih dua kursi, berpeluang besar menambah satu kursi menjadi tiga kursi.

“PDIP pasti dapat tiga kursi. Kalau PKS dan Golkar tidak lebih dari 14.000 dan Hanura tidak lebih 4.000 suara, kemungkinan bisa tambah satu lagi,” papar Caleg PDIP Dapil I, Sugiyamto Jumat (19/4/2019).

Baca Juga :  OPTIMALISASI LORONG SEKOLAH MENJADI LORONG LITERASI

Ia menguraikan perolehan suara pribadinya, dirinya saat ini sudah mendapat 9.200 suara lebih. Jumlah itu belum termasuk 7 TPS dan satu desa Purwosuman, Sidoharjo yang saat ini masih menungu laporan data salinan C1 dari saksi.

Dari estimasi suara yang masuk berdadarkan rekap saksi-saksi partai di lapangan, kursi PDIP diraih Sugiyamto, Suparno dan pendatang baru Heru Waluyo.

Sementara Golkar hampir pasti kehilangan satu kursi di Dapil ini. Kepergian Caleg petahana, Sugimin yang meninggal sehari sebrlum coblosan menjadi kehilangan besar karena menurunkan perolehan suara partai.

Golkar dipastikan meraih satu kursi lewat petahana, Pujono Elli Bayu Effendi.

“Dapil I memang kemungkinan tinggal satu kursi karena kehilangan banyak suara setelah almarhum Sugimin tidak ada,” ujar Ketua Fraksi Golkar, Bambang Widjo Purwanto.

Baca Juga :  Karang Taruna Bina Karya Muda di Sragen Menggelar Acara Takbir Keliling Hari Raya Idul Fitri 1445 H Diiringi Musik Drumband

Sementara, PKB juga dipastikan mengamankan satu kursinya di Dapil ini. Caleg PKB Dapil I, Fatturohman menyampaikan hingga saat ini perolehan suara yang masuk untuk PKB Dapil I sudah mencapai 8.500 lebih.

Parpol lain yang juga dipastikan aman adalah PAN, Demokrat, Gerindra dan PKS.

PAN dipastikan mengamankan satu kursi untuk petahana, Purwanto. Ia menyampaikan dari rekapan hasil C1 kader-kadernya, perolehan suaranya sudah menyentuh angka 6.500.

Pun dengan Gerindra, Demokrat dan PKS juga dipastikan bakal kembali mendudukkan satu wakilnya di Dapil ini. Namun siapa pemilik kursi masih menunggu karena perolehan suara beberapa Caleg di partai itu masih sengit.

Satu kursi terakhir kini menjadi pertaruhan antara Hanura atau sisa suara kembali jatuh ke PDIP. Wardoyo

 

 

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com