JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Wonogiri

Gawat, Pemilu Tinggal 2 Pekan, Tapi Surat Suara DPRD Provinsi dan Kabupaten Belum Tiba 100 Persen di Wonogiri

Pelipatan surat suara di Gedung PGRI, Wonogiri.

Pelipatan surat suara
Pelipatan surat suara di Gedung PGRI, Wonogiri.

WONOGIRI, JOGLOSEMARNEWS.COM -Hari H pelaksanaan pemungutan suara Pemilu 2019 tinggal sekitar dua pekan lagi. Namun demikian belum semua logistik keperluan pemilu tiba di KPU Kabupaten Wonogiri.

Informasi yang dihimpun dari KPU Kabupaten Wonogiri, Selasa (2/4/2019), baru surat suara Pilpres, DPD, dan DPR RI yang telah diterima semuanya secara lengkap. Sisanya, yakni surat suara DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten belum semua diterima.

Untuk DPRD Provinsi dari semestinya total 1.775 doz, hingga kini baru diterima 1.292 doz. Sehingga masih ada sisa 483 doz masing-masing 500 lembar yang belum sampai di KPU Wonogiri. Pun demikian dengan surat suara KPU Kabupaten.

Baca Juga :  Pengelola Swalayan di Wonogiri Dukung Perpanjangan PPKM Namun Minta Jam Buka Operasional Dimajukan Satu Jam Lebih Awal, Ternyata Begini Alasannya

“Memang surat suara belum seluruhnya kami terima. Ini terjadi menyeluruh tidak hanya di Wonogiri,” ungkap Kepala Sub Bagian (Kasubag) Keuangan Umum dan Logistik KPU Wonogiri Tantowi Nurdin.

Di samping itu, jelas dia, surat suara khusus untuk pemilih tunanetra berupa template, juga belum diterima.

Baca Juga :  7.480 Vaksin COVID-19 Tiba di Wonogiri, Kick Off Vaksinasi Bakal Digelar Selasa 26 Januari. Selain Tenaga Kesehatan Ada 10 Tokoh yang Akan Divaksin

“Kalau surat suara yang telah kami terima sudah kami sortir dan lipat,” ujar dia.

Dia menerangkan, di periode yang sama pada pemilihan sebelumnya, saat-saat seperti ini, KPU sudah memasukkan logistik ke dalam kotak suara. Artinya siap didistribusikan se ke PPK setiap kecamatan.

“Misalnya tidak terjadi keterlambatan, logistik sudah siap semua, kami yakin siap didistribusikan. Khusus tenaga pelipatan dan penyortiran saja ada 130 kelompok masing-masing 4 orang,” beber dia. Aris Arianto