JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Sragen

Kisruh Rekapitulasi Suara di Gondang Sragen. Sebut Rekapitulasi Langgar Aturan KPU RI, Golkar Boikot Kirimkan Saksi 

Proses rekapitulasi hasil penghitungan suara Pemilu 2019 di halaman samping Kecamatan Gondang Jumat (19/4/2019). Foto/Wardoyo
Proses rekapitulasi hasil penghitungan suara Pemilu 2019 di halaman samping Kecamatan Gondang Jumat (19/4/2019). Foto/Wardoyo

SRAGEN, JOGLOSEMARNEWS.COM Proses rekapitulasi hasil penghitungan suara Pemilu 2019 di Gondang Sragen diwarnai aksi protes. Partai Golkar menolak mengirimkan saksi untuk rekapitulasi hasil penghitungan suara di tingkat PPK Kecamatan setempat, Jumat (19/4/2019).

Golkar menyatakan memboikot rekapitulasi lantaran menilai KPU telah melanggar mekanisme rekapitulasi yang ditetapkan oleh KPU RI.

Aksi protes disampaikan Ketua Harian Fraksi Golkar Sragen, Bambang Widjo Purwanto dengan mendatangi PPK, Jumat (19/4/2019) siang. Menurutnya, protes dilayangkan karena penentuan panel untuk rekapitulasi menyalahi aturan.

Baca Juga :  Tolak Penarikan Jatah Bengkok, Puluhan Perangkat Desa di Tanon Sragen Demo Tuntut Perbup 76 Dibatalkan. Dinilai Merugikan Rp 3,5 Miliar

Di aturan KPU RI tertanggal 9 April 2019, harusnya rekapitulasi dilakukan hanya dengan satu panel (satu lokasi penghitungan), akan tetapi di Kecamatan Gondang rekapitulasi dilakukan dengan 4 panel. Menurutnya lokasi panel untuk rekapitulasi juga tak representatif dan terpisah-pisah sehingga sangat rawan pantauan.

“Memang di aturan KPU itu ada klausul dapat dilakukan dengan 4 panel dengan mempertimbangkan jumlah TPS dan waktu. Tapi kata dapat itu kan bukan berarti harus dilaksanakan dengan 4 panel. Akhirnya kan lihat sendiri, lokasi panel tak representatif dan terpisah-pisah. Ini juga sangat rawan,” paparnya kepada wartawan.

Baca Juga :  Momen-Momen Kemesraan Pengusaha Nasional Asal Sragen Bareng Presiden Jokowi dan Tim Thomas Cup di Bali. Sempat Ngobrol Dekat dan Beri Arahan

Selain itu, Bambang juga menilai penentuan 4 panel itu sangat tak berdasar. Sebab saat dirinya bertanya ke Ketua KPU Sragen apakah sudah dilakukan ujicoba dengan 4 panel, dijawab belum dilakukan.

Menurutnya penentuan 4 panel itu perlu dipertanyakan dasarnya lantaran belum ada ujicoba sebelumnya.

Halaman selanjutnya

Halaman :  1 2 Tampilkan semua