loading...
Jokowi dan Prabowo Subianto. Foto/Tempo.co

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM – Pertemuan Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) dengan sejumlah tokoh Islam di Rumah Dinas Wakil Presiden, di Jalan Diponegoro, Jakarta Pusat, Senin (22/4/2019) membahas berbagai masalah yang muncul pasca-pemilihan presiden.

Salah satu hasil yang disepakati adalah upaya merekonsiliasi antara dua kubu calon presiden dan wakil presiden. “Tentu diharapkan tadi makin cepat makin baik apabila Pak Jokowi dapat bertemu dengan Pak Prabowo,” ujar JK saat usai pertemuan.

JK menyebut pertemuan Jokowi dan Prabowo dapat menenangkan massa di tingkat akar rumput. Saat ini, masyarakat seakan terpecah akibat adanya deklarasi kemenangan yang dibuat oleh kedua kubu. “Tentu itu kita semua mendukung apabila ada rekonsiliasi seperti itu sehingga rekonsiliasi di bawah juga bisa cepat dicapai,” kata JK.

Baca Juga :  OTT di UNJ Dinilai Gagal, KPK Dilaporkan ke Dewas KPK

JK menuturkan dalam pertemuan itu disepakati juga agar tiap organsisasi masyarakat (ormas) tetap menjalankan organisasi masing-masing dengan pikiran jangka panjang dan menjalankan Islam di indonesia yang moderat. Apalagi, tutur JK, saat ini sudah semakin mendekati Ramadan. “Semoga masyarakat tertib dan menunggu dengan sabar tanggal 22 (Mei) tanpa berbuat ada kekerasan ataupun perselisihan,” ucap JK.

Dalam pertemuan itu hadir Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama Said Aqil Siradj, Ketua Umum Pengurus Pusat Muhammadiyah Haedar Nashir, dan mantan Ketua Mahkamah Konstitusi Mahfud MD.

Baca Juga :  Terawan Minta Perusahaan Menghilangkan Shift Tengah Malam Hingga Pagi

Nampak hadir pula Wakil Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia Zainut Tauhid dan Sekretaris Jenderalnya Anwar Abbas, Imam Besar Masjid Istiqlal Nazaruddin Umar, Ketua Ikatan Cendikawan Muslim Indonesia Jimly Ashidiqqie serta Wakil Ketua Dewan Masjid Indonesia Syafruddin.

Pengasuh Pondok Pesantren Tebu Ireng Salahudin Wahid, Sekretaris Jenderal PBNU Helmy Faishal, cendekiawan muslim Komarudin Hidayat, Ketua Umum DPP Hidayatullah Nashirul Haq, Ketua Umum Lajnah Tanfidziyah Syarikat Islam (SI) Indonesia Hamdan Zoelva, Waketum PP PERSIS Jeje Zainuddin, dan Keta Umun PB Al Washliyah Yusnar Yusuf juga mengikuti pertemuan di rumah dinas JK itu.

www.tempo.co