JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Rilis 8 Lembaga Survei, 7 Unggulkan Jokowi-Ma-ruf, 1 Unggulkan Prabowo-Sandi

pilpres
ilustrasi

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM – Tinggal enam hari lagi Pilpres bakal digelar. Setidaknya ada delapan lembaga survei melakukan kajian antara kedua paslon.

Dari delapan lembaga survei itu, tujuh partai mengunggulkan Jokowi-Ma-ruf dan hanya lembaga survei Puskaptis yang mengunggulkan pasangan Prabowo-Sandi.

Kendati demikian, dari Survei Elektabilitas Jokowi vs Prabowo tersebut masih ada kesempatan untuk meraih beberapa responden yang belum menentukan pilihannya.

Pembuktian atas validitas data survei dan kredibilitas lembaga survei bersangkutan akan teruji tanggal 17 besok. Ini beberapa hasil survei tersebut yang berhasil dirangkum.

 

  1. Indodata: Jokowi-Ma’ruf Unggul

Hasil survei yang dilakukan oleh Indodata ternyata paslon nomor urut 01, Jokowi-ma’ruf Unggul. Hal itu berdasarkan survei yang dilakukan Door to Door ke beberapa responden.

Hasil tersebut berdasarkan atas pernyataan yang diberikan oleh Direktur Eksekutif Indodata, Danis T Saputra saat mengutip dari Tribunnews Jakarta.

“Kami menanyakan Bapak/Ibu jika Pilpres dilakukan hari ini, siapa yang akan dipilih?” kata Danis dalam rilis di kawasan Cikini, Jakarta Pusat, Senin (8/4/2019).

Baca Juga :  Murka Didesak Cerai, Istri Muda Nekat Bunuh Wanita Cantik Selingkuhan Suaminya Saat Buka Puasa. Terbongkar Berkat Chat WA

“Hasilnya menunjukkan pasangan Jokowi-Ma’ruf 54,8 persen.”

“Prabowo Sandi 32,5 persen.’

“Sedangkan sisanya menjawab tidak tahu atau tidak menjawab,” tambahnya.

Danis lalu menjabarkan, jika pemilih yang tidak menjawab atau tidak tahu dihilangkan dalam survei. Hasilnya masih menunjukkan Paslon 01 masih unggul dari Paslon 02.

 

  1. LSI : Jokowi-Ma’ruf Unggul

Lingkaran Survei Indonesia (LSI) telah merilis hasil survei elektabilitas terbaru dari Jokowi vs Prabowo. Survei tersebut dikeluarkan pada akhir Maret.

Hasilnya dari survei pada 1.200 responden dengan metode multistage random sampling, pasangan Jokowi-Ma’ruf Amin tetap menggungguli pasangan Prabowo-Sandiaga.

“Elektabilitas Maret 2019, pasangan Jokowi-Ma’ruf Amin ‎sebesar 56,8 persen-63,2 persen.”

“Prabowo Sunianto-Sandiaga Uno 36,8 persen-43,2 persen.”

“Pilpres 2019 mendekati garis finis, pasangan Jokowi-Ma’ruf Amin unggul telak dibandingkan dengan pasangan Prabowo-Sandiaga,” ucap Penelisi LSI, Ardian Sopa saat merilis hasil survei di Kantor LSI, Jl Pemuda, Jakarta Timur, Selasa (2/4/2019).

 

  1. Voxpol : Jokowi-Ma’ruf Unggul

Sama halnya dengan LSI dan Lembaga Indikator Politik Indonesia, Voxpol juga mengeluarkan hasil Survei terbaru. Dari hasil survei terbaru tersebut dari Voxpol tercatat pasangan calon presiden nomor urut 01, Jokowi- Ma’ruf tetap unggul.

Baca Juga :  Bareskrim Polri Sita Rp 1,5 Miliar dari Tiga 3 Klub MU, Persija dan Bhayangkara FC. Diduga Berasal dari Sponsor Viral Blast

Jokowi masih memimpin dengan perolehan 48,8 persen dan Prabowo 43,3 persen dengan 7,9 yang masih belum menentukan pilihan (Undecided Voters).

Demikian dikatakan Direktur Eksekutif Voxpol Center Research and Consulting, Pangi Syarwi Chaniago dalam rilis dirilis di Jakarta, Selasa (9/4/2019) saat mengutip dari tribunSolo.com.

Pangi menjelaskan, gambaran elektabilitas ini menunjukkan peta politik yang semakin kompetitif. Sebab, selisih elektabilitas kedua pasang kandidat sudah cukup dekat.

“Selisih elektabilitas kedua pasang hanya terpaut 5,5 persen,” ujar Pangi.

“Kedua kandidat dan tim sukses harus bekerja keras untuk mengamankan peluang memenangkan kontestasi 17 April 2019 yang tinggal menghitung hari.

Survei Voxpol digelar sepanjang 18 Maret hingga 1 April 2019 dengan wawancara tatap muka dan kuisioner.

Jumlah responden sebanyak 1.600 orang yang diambil secara multistage random sampling dari 34 provinsi dan terbagi 50:50 berdasarkan jenis kelamin.

Halaman selanjutnya »

Halaman :  1 2 Tampilkan semua