loading...
Loading...
ilustrasi/tempo.co

BATAM, Joglosemarnews.com – Saking banyak dan padatnya simpatisan yang datang pada kampanye pasangan calon preaiden no urut 01,  Joko Widodo (Jokowi), Sabtu (6/4/2019) sore, puluhan orang pingaan.

Kaampanye itu dilakukan di Stadion Temenggung Abdul Jamal, Mukakuning, Batam, Kepulauan Riau. Mereka rata-rata terhimpit padatnya kerumunan pendukung Jokowi yang lain.

Pantauan Tempo, sejumlah orang yang pingsan terpaksa harus diangkut ke atas panggung. Bahkan, saat Jokowi tengah memberikan sambutan, sejumlah orang secara bergantian dinaikkan ke atas panggung. Jokowi pun beberapa kali mengingatkan agar para pendukungnya tertib.

“Jangan berdesak-desakan. Yang pingsan sudah lebih dari 30. Hati-hati semuanya,” ucap Jokowi di sela-sela sambutan di atas panggung.

Hingga akhir sambutan, Jokowi pun terus mengingatkan agar para pendukungnya tidak berdesakan. Apalagi, hingga akhir sambutan, korban pingsan masih banyak yang diangkat ke atas panggung. “Yang pingsan sudah lebih dari 50 orang. Jangan ditambah lagi. Setuju?” ujar Jokowi.

Baca Juga :  Ungkap Kasus Bom Bunuh Diri Medan, Densus 88 Tangkap 23 Terduga Teroris

Kampanye terbuka Jokowi di Batam dihadiri ribuan orang. Meskipun, tidak ada data pasti berapa jumlah orang yang datang, namun pantauan Tempo, lapangan Stadion Temenggung tersebut penuh dan hampir padat oleh para pendukung inkumben ini.

Selain itu, saat kampanye dimulai, cuaca di daerah Mukakuning sedang terik-teriknya. Banyak para pendukung yang berlindung di bawah payung, juga penutup kepala.

Dalam sambutannya, Jokowi menjanjikan sejumlah program kepada masyarakat Batam. Di antaranya pemberian sertifikat tanah bagi masyarakat Batam yang bermukim di Kampung Tua. “Akan kami lakukan segera. Kami sertifikatkan. Maksimal tiga bulan kami selesaikan,” ujarnya.

Baca Juga :  Akui Krisis Kader, Surya Paloh Dorong Konvensi Capres 2024

Selain itu, Jokowi pun menjanjikan akan menyelesaikan pembangunan Jembatan Batam-Bintan. Jembatan ini menghubungkan dua pulau, yakni Pulau Batam dan Pulau Bintan.

“Minggu depan saya kirim tim untuk segera mengecek ke Batam. Agar dibuatkan Detail Engineering Design-nya. Akan kami bangun untuk meningkatkan perekonomian di Kepri,” ujarnya.

Batam merupakan lokasi ketiga yang dikunjungi Jokowi dalam agenda kampanye akbar di Pulau Sumatera. Sebelumnya, Jokowi berkampanye di Kabupaten Deli Serdang dan Kabupaten Asahan, Sumatera Utara.

Kampanye terbuka tersebut dihadiri oleh ribuan pendukung Jokowi-Maaruf Amin. Lapangan Temanggung Abdul Jamal nampak padat. Selain Yusril, tokoh lain seperti Ketua Harian Tim Kampanye Nasional Moeldoko, dan Ketua TKN Erick Tohir.

www.tempo.co

Loading...