JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Pendidikan

SMP Muhammadiyah PK Solo Gelar Wisuda Tahfidz

Istimewa
   
Istimewa

SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM – Sebanuak 58 siswa SMP Muhammadiyah Program Khusus Kottabarat Surakarta mengikuti kegiatan Wisuda Tahfidz Juz 28, 29, dan 30 di Ballroom GranHap Hotel, Sabtu (27/4/2019).

Pengawas Kementerian Agama Kota Surakarta, Fuadah memberikan apresiasinya terhadap keberhasilan para siswa tersebut karena hafalan Al Quran siginifikan dengan prestasi akademik.

“Anak-anak yang hafal Al Quran secara signifikan sesuai dengan prestasi akademiknya. Apalagi era globalisasi sekarang ini banyak yang menyalahgunakan teknologi. Teknologi bisa dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya salah satu dengan menghafalkan Al Quran,” ungkapnya dalam sambutan.

Fuadah berpesan kepada para siswa untuk mempelajari Al Quran. Al Quran bukan hanya untuk dihafal melainkan juga dipelajari isinya untuk diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari.
Sementara itu, Muhdiyatmoko, selaku Kepala SMP Muhammadiyah Program Khusus Kottabarat Surakarta menyambut baik dengan kegiatan wisuda kali ini. Ia menyampaikan bahwa wisuda tahfiz merupakan ikhtiar sekolah untuk mengapresiasi hafalan para siswa.

Baca Juga :  BPKH Berangkatkan 960 Pemudik Asal Solo "Balik Kerja" Gratis

“Hal ini sebagai bukti bahwa sekolah mengarahkan bukan hanya dalam sisi akademik melainkan juga sisi-sisi spiritual sehingga terjadi keseimbangan pengembangan diri siswa,” jelasnya.
Para siswa yang diwisuda merupakan hasil penjaringan dan seleksi berdasarkan target hafalan dan kualitas bacaan. Sejumlah 58 siswa yang diwisuda hari ini terdiri atas, 12 siswa juz 28, 34 siswa juz 29, dan 12 siswa juz 30. Dalam kesempatan tersebut juga diberikan penghargaan sebagai wisudawan/wisudawati terbaik berdasarkan kriteria setoran hafalan sekali duduk, bacaan sesuai tajwid, dan target hafalan. Mereka itu antara lain, Fathi Qushoyyi Ahimsa, Caesar Gian Indrarizky, dan Safira Aurelia Ramadhani.

Setelah prosesi wisuda berlangsung terdapat peristiwa yang mengharukan yakni para siswa yang memberikan kejutan hadiah dengan memakaikan mahkota di kepala masing-masing orang tua mereka. Spontan, orang tua meneteskan air mata. Kemudian, para siswa mencium tangan dan kening orang tua. Antara siswa dan orang tua saling memeluk satu sama lain. Ini merupakan simbol bahwa hafalan Al Quran para siswa kelak di akhirat akan memberikan mahkota bagi orang tuanya.

Baca Juga :  Teguh Prakosa, Wakil Gibran Akan Daftar Jadi Calon Walikota Solo, Yakin Partainya Melihat Figur Internal

Aryanto selaku Humas SMP Muhammadiyah Program Khusus Kottabarat turut bangga atas telah diwisudanya 58 siswa sebagai penghafal Al Qur’an untuk juz 28, 29 dan 30. Ia pun berharap agar tradisi menghafalkan Al Quran ini membudaya kepada semua siswa. Hafalan juz 28, 29 dan 30 sebagai modal awal untuk mengkhatamkan hafalan 30 juz Al Qur’an.
“Semoga tradisi yang baik ini yakni menghafalkan Al Quran tetap terjaga dan memberikan motivasi kepada semua siswa untuk menyelesaikan hafalan Al Qur’an 30 juz,” tandasnya. Triawati PP

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com