loading...
Loading...
Humas UNS

SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM– Dompet Dhuafa Pendidikan kembali meluncurkan program baru untuk menciptakan pemimpin-pemimpin berkualitas dan berkarakter. Setelah program beasiswa studi etos, beasiswa aktivis nusantara (Baktinusa), kini Dompet Dhuafa meluncurkan program baru bernama Youlead, singkatan dari Young Leader.

Program Young Leader ini dirilis di berbagai kota, salah satunya di Kota Solo. Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta menjadi universitas utama sasaran program Youlead di Solo. Sebanyak kurang lebih 60 mahasiswa UNS menjadi peraih manfaat program ini.
Berbeda dengan program beasiswa lainnya yang menawarkan manfaat berupa nominal uang, program Youlead ini sama sekali tidak memberikan manfaat dalam bentuk uang. Youlead merupakan program pembinaan untuk menciptakan pemimpin strategis dan berintegritas. Dari total 1.100 pendaftar di Indonesia terseleksi 561 mahasiswa dan 70 orang di antaranya di wilayah Surakarta.

Baca Juga :  BPS Solo Siapkan 695 Petugas untuk Sensus Penduduk 2020, Dimulai Februari, Warga Harus Jawab 21 Pertanyaan

“Program young leader ini bukanlah beasiswa yang menawarkan uang, tetapi pembinaan kepemimpinan. Nanti para penerima manfaat dibimbing langsung oleh penerima manfaat beasiswa Baktinusa, ” ujar Krisna Dwipayana, Manajer Baktinusa Regional Solo.

Sebelum program dimulai, penerima manfaat Youlead diwajibkan untuk mengikuti kegiatan Youleadcamp. Youleadcamp Solo dikemas dengan rangkaian acara Inspiring Leaders Talk pada Sabtu, (4/5/2019) di Ruang Sidang 2 Rektorat UNS dan Youlead Race pada Minggu, (5/5/2019) di wilayah UNS.
Acara Inspiring Leaders Talk mengangkat tema kepemimpinan di era millennial. Dalam kegiatan tersebut mengundang beberapa pembicara antara lain Prof. Rer. Nat. Sajidan, M.Si selaku Wakil Rektor Bidang Perencanaan dan Kerja Sama, Arif selaku General Manager Dompet Dhuafa Filantropi, Greget Kalla Buana Islamic Finance Specialist dari UNDP, Evi Baiturrohmah Program Developer Sahabat Kapas, Narendra Rangga Reswara Founder Komunitas Bismillah, Krisna Dwipayana Manager Baktinusa Regional Solo, dan Faith Aqila Silmi Penerima Manfaat Beasiswa Baktinusa.

Baca Juga :  Pamer Alat Kelamin Sambil Ngatang-ngatang di Atas Motor di Kawasan Indekos Putri Jebres, Pelajar SMA di Solo Diciduk

Dilanjut dengan keesokan harinya, diselenggarakan kegiatan Youlead Race dengan outbond berkeliling UNS. Penerima manfaat Youlead memasuki pos-pos yang berisikan games dan tugas-tugas tertentu. Meskipun outbond, dalam pos-pos tersebut ditanamkan nilai-nilai kepemimpinan, antara lain Iman, Ibadah, Adab, Visioner, Produktif, dan sebagainya. Triawati PP

Loading...