loading...
Loading...
Kendaraan melintas di Gunung Pegat, Kecamatan Nguntoronadi,Wonogiri

WONOGIRI, JOGLOSEMARNEWS.COM-Sedikitnya tiga titik di jalur mudik dan balik Lebaran 2019 di Wonogiri rawan terjadi bencana. Pemkab Wonogiri pun mengimbau pemudik waspada saat hendak melintasinya.

Kepala Pelaksana BPBD Wonogiri Bambang Haryanto, menegaskan ada tiga lokasi jalur mudik yang rawan bencana. Jenis bencana yang saat ini mengancam adalah angin kencang hingga pohon tumbang.

Baca Juga :  Innalillahi, Warga Keblokan Sendangijo Tewas Tenggelam di Dam Colo Barat

Lokasi rawan bencana itu meliputi Gunung Pegat Kecamatan Nguntoronadi dan Krisak-Sukoharjo yang menjadi jalur utama Solo-Pacitan. Selanjutnya Gunung Belah di jalur Wonogiri-Pracimantoro, dan Pucung Kecamatan Kismantoro di jalur alternatif Wonogiri-Pacitan.

Ketiga lokasi itu secara geografis berupa perbukitan dengan lereng cukup terjal. Kerap terjadi angin kencang hingga menyebabkan pohon tumbang. Bahkan pernah sampai mengakibatkan korban jiwa ketika pohon ambruk menimpa pengguna jalan yang melintas.

Baca Juga :  Kasus Narkoba di Wonogiri, Petugas Amankan Puluhan Pil Trihek

“Ketiga lokasi itu ketika masuk musim hujan sering pula terjadi longsor. Jadi pemudik dan warga harus tetap waspada ketika melintas di kawasan itu,” jelas dia, Senin (27/5/2019).

Saat hendak melintas lokasi itu, dan ternyata ada angin kencang maupun kemungkinan turun hujan lebat, seyogyanya pengendara menghentikan perjalanan. Akan lebih baik jika mencari tahu keadaan dengan menanyakan ke warga sekitar, atau lmenghubungi posko di kantor BPBD Wonogiri.

Baca Juga :  Kasus Keracunan Massal Ayam Kremes di Wonogiri Akhir Mei Lalu, Begini Tanggapan Dinkes Jateng

“Kami memasang papan peringatan bahaya di kawasan tersebut. BPBD juga berkoordinasi dengan Bina Marga untuk memangkas pohon yang membahayakan pengguna jalan. Misalnya rapuh, miring, maupun hendak tumbang,” sebut dia. Haryanto

Iklan
Loading...