loading...
Keluarga dan anak-anak saat menjemput korban keracunan di Puskesmas Baturetno untuk pulang pakai sepur kelinci. Foto/JSnews

WONOGIRI, JOGLOSEMARNEWS.COM Para korban keracunan ayam kremes di Baturetno Wonogiri akhirnya dinyatakan pulih. Momen haru pun tercipta ketika mereka dijemput sanak keluarga untuk kembali pulang ke rumah.

Para korban yang dirawat di Puskesmas Baturetno itu dipulangkan Kamis (30/5/2019). Uniknya mereka pulang dengan menaiki sepur kelinci yang disewa warga.

Yang mengharukan, para korban dijemput oleh anggota keluarga dan anak-anak mereka.

“Hari ini tadi, pemulangan pasien KLB intoksikasi ayam kremes yang dirawat inap di Puskesmas Baturetno, Wonogiri, menggunakan sepur kelinci. Yang menyewa warga sendiri,” papar Kepala Dinas Kesehatan Wonogiri, Adhi Dharma kepada JOGLOSEMARNEWS.COM Kamis (30/5/2019).

Adhi memastikan para korban sudah pulih. Tak ada tambahan korban meninggal.

Baca Juga :  Tiang Listrik dan Pohon Tumbang di Brangkal Desa Sendangmulyo Kecamatan Tirtomoyo Wonogiri. Akhirnya Oglangan, Jalanpun Belum Bisa Dilewati

Ia juga memastikan situasi sudah kembali normal dan para korban yang sempat menjalani rawat inap kini sudah kembali sehat.

Meski demikian, status KLB masih diberlakukan sampai penanganan tuntas. Saat ini fokus dari dinas adalah memberikan pembinaan terhadap masyarakat serta pemilik usaha industri rumah tangga yang bergerak di bidang katering atau warung makan agar mengurus izin, lebih higyene sehingga insiden serupa tak terulang.

Seperti diberitakan keracunan massal itu menimpa 96 warga. Satu korban atas nama Purwanto (48) meninggal dalam peristiwa itu.

Para korban saat itu mengkonsumsi makanan acara kenduri memperingati 40 hari meninggalnya anggota keluarga Edi Mukhayat di Dusun Duwet Kidul, RT 1 RW 15, Desa Baturetno. Mereka mendapatkan sajian nasi kotak kardus menu ayam kremes dengan lalapan dan sambal.

Baca Juga :  Ealah, Ternyata Lowongan PPS Pilkada Wonogiri Kurang Direspon Masyarakat. Pendaftar Minim KPU Terpaksa Lakukan Ini

Selain nasi kotak, warga juga disuguhi snack sosis basah, kroket, lemper ketan, kerupuk, dan jeruk. Total 100 porsi nasi yang disiapkan pemilik rumah. Tim JSnews/Haryanto