loading...
Loading...
Ilustrasi Pilkades

SRAGEN, JOGLOSEMARNEWS.COM Pemkab Sragen memastikan Perbup soal Kepala Desa yang salah satunya mengatur Pilkades, sudah lolos dari fasilitasi di Pemprov Jateng. Saat ini Perbup tinggal menunggu pengesahan dari Sekda Provinsi.

Hal itu disampaikan Kabag Pemdes Setda Sragen, Didik Purwanto kemarin. Kepada wartawan, ia mengatakan Perbup tentang Kades sudah selesai difasilitasi di provinsi. Menurutnya hasil fasilitasi relatif tak ada perubahan. Dengan demikian, Perbup tinggal selangkah lagi menunggu pengesahan.

“Sudah selesai fasilitasi. Info terbaru sudah naik ke Sekda dan tinggal menunggu tandatangan saja,” paparnya.

Baca Juga :  Heboh PNS Sragen Tepergok Mesum di Tempat Terbuka, Pemkab Ancang-ancang Siapkan Sanksi. Bisa Dipecat?

Jika sudah ditandatangani dari Pemprov, maka Perbup tidak menunggu pengesahan dari bupati. Setelah itu, Perbup bisa dinyatakan sudah berlaku.

Soal jadwal tahapan Pilkades serentak, Didik mengatakan dari draft sementara yang dinaikkan ke bupati, tahapan dimulai akhir bulan ini dengan pembentukan panitia tingkat kabupaten.

Didik juga menyampaikan jika calon dalam Pilkades dibatasi maksimal lima orang. Jika yang mendaftar lebih dari lima orang, maka harus ada seleksi oleh panitia untuk menentukan lima calon.

Seleksi dilakukan oleh panitia desa dengan menggandeng pihak independen dari luar.

Baca Juga :  2 Bulan Ilegal, Tambang Bodong di Gondang Sragen Akhirnya Ditutup Tim Pemprov Jateng. Ditemukan Satu Backhoe dan 7 Truk di Lokasi

Sementara, Bupati Sragen Kusdinar Untung Yuni Sukowati dalam kesempatan safari ramadhan di Karangmalang, menyampaikan jika Pilkades serentak 167 desa akan digelar 27 September mendatang. Wardoyo

Loading...