JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Wonogiri

Ingat, Tetap Waspadai Peredaran Narkoba Selama Mudik dan Balik Lebaran 2019

Wabup Wonogiri, Edy Santosa
surakarta.ut.ac.id
surakarta.ut.ac.id
surakarta.ut.ac.id
Wabup Wonogiri, Edy Santosa

WONOGIRI, JOGLOSEMARNEWS.COM -Tidak hanya lalu lintas yang perlu diwaspadai selama arus mudik dan balik Lebaran 2019. Ada sejumlah hal lain yang juga perlu mendapatkan perhatian.

Di antaranya pencegahan peredaran narkoba, soal ketersediaan bahan kebutuhan pokok dan keamanan.

Wakil Bupati Wonogiri, Edy Santosa yang juga Ketua Pencegahan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN) Wonogiri menyatakan, momen mudik dan balik dengan tingginya lalu lintas manusia sangat bisa dimanfaatkan pelaku peredaran narkoba beraksi. Terlebih jika perhatian terhadap pencegahan penyalahgunaan narkoba menjadi kendor saat momen Lebaran.

Baca Juga :  Keren Slur, Staimas Wonogiri Raih Akreditasi Baik Dari BAN PT

“Pemanfaatan momen mudik dan balik oleh pelaku peredaran narkoba ini perlu diwaspadai, jangan sampai lengah,” jelas Edy di ruangannya, Senin (27/5/2019).

Salah satu bentuk kewaspadaan yang bisa ditempuh masyarakat adalah ketika diberikan barang yang mencurigakan, agar tidak menerimanya. Seandainya terpaksa menerima dan ternyata ada indikasi penyalahgunaan narkoba segera saja lapor ke aparat terdekat.

Baca Juga :  Jos Slur, 50 Ribu Ekor Bibit Ikan Ditebar di Kaliares Wonogiri. Penggagasnya Komunitas Pegiat Lingkungan Hidup

“Razia mendadak untuk menekan peredaran narkoba sangat dibenarkan. Tentunya dilakukan tanpa pemberitahuan,” terang dia.

Hal lain yang perlu mendapat porsi perhatian adalah ketersediaan kebutuhan pokok. Terkait hal ini Pemkab Wonogiri menggandeng pihak berkompeten. Mereka rutin sidak ke lapangan mencari tahu kondisi riil dan tidak sebatas menunggu laporan.

“Untuk keamanan, ada TNI Polri. Tapi juga dibantu warga sebagai pribadi masing-masing, paling tidak menjaga dirinya dan keluarganya sendiri,” ujar dia. Haryanto