loading...
Loading...
Pelatihan Water Rescue oleh BPBD Sragen. Foto/Wardoyo

SRAGEN, JOGLOSEMARNEWS.COM Sejumlah relawan dari komunitas Kumpulan Wong Sragen (KWS) turut ambil bagian dalam pelatihan water rescue yang diprakarsai oleh BPBD Sragen. Bersama puluhan relawan dari komunitas lain, mereka mengikuti acara pelatihan water rescue selama dua hari, Sabtu-Minggu (18-19/5/2019).

Acara sesi pertama diisi dengan pendirian tenda dan dapur umum. Kemudian dilanjutkan dengan pelatihan water rescue.

Sesi kedua digelar sehabis sholat tarawih yang kemudian dilanjutkan pembekalan mental oleh Kasie RR BPBD Sragen, Untung Darmadi. Pembekalan dilanjutkan dengan susur malam atau tracking sejauh 8 kilometer.

Selesai pelatihan ditutup dengan upacara dan cleaning peralatan. Humas KWS, M Put Iswahyudi dalam rilisnya mengatakan dalam pelatihan itu melibatkan banyak unsur.

Baca Juga :  Kans Yuni-Dedy Jilid 2 Makin Menguat. Wabup: Ngangkat Yuni-Dedy Lebih Mudah Daripada Bentuk Baru! 
Foto/Wardoyo

Selain BPBD, ada berbagai elemen seperti Himalawu, SAR MTA, Orari, Kerjo Penak, Wong Salam Gemolong, Semut Ireng, Santana, KWS, Poldes dan PMI Sragen.

“Jumlah peserta sekitar 65 orang. Kegiatan Water Rescue ini dilakukan kepada relawan yang baru mendeklarasikan menjadi Relawan BPBD Kabupaten Sragen. Tujuannya untuk melatih kemampuan dan keterampilan dasar pertolongan air sehingga bila terjadi keadaan darurat  dapat melakukan teknik penyelamatan dengan baik dan benar,” paparnya Minggu (19/5/2019).

Dengan kemampuan yang terlatih, sehingga diharapkan dapat meminimalisir jumlah korban. Terkait relawan KWS, pembekalan itu diharapkan relawan KWS dapat menyatu dengan relawan se-Kabupaten dalam menggali ilmu ataupun berkontribusi kepada Bumi Sukowati. Wardoyo

Baca Juga :  Satu Pelatih PSHT Ditetapkan Tersangka Usai Tewaskan Satu Siswa, Ketua PSHT Cabang Sragen Tunjuk Henri Beri Pendampingan Hukum 

 

Loading...