loading...
Loading...

SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM – Di era teknologi yang semakin canggih, terjadi kemerosotan minat baca dan minat menulis di kalangan peserta didik.

Hal itu diungkapkan oleh Waka kesiswaan SMP Negeri 8 Surakarta, Wahyu Prihatin Sayekti, SPd. Wahyu mengatakan hal itu dalam konteks peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) dan Hari Kartini.

Peringatan Hardiknas di SMP Negeri 8 Surakarta menurut Wahyu dilakukan dengan cara unik. Yaitu mengajak seluruh peserta didik untuk menulis cerpen massal.

“Melalui kegiatan ini, peserta didik akan selalu mengenang jasa para pahlawan dan meningkatkan rasa nasionalismenya terhadap bangsa dan negaranya,” ujar Wahyu, sebagaimana dikutip dalam rilis yang dikirimkan, Kamis (2/5/2019).

Baca Juga :  60 Dosen Unisri Ikuti Bimbingan PKM

Wahyu mengatakan, hasil karya cerpen anak-anak tersebut rencananya akan dibukukan. Setelah itu kumpulan cerpen disimpan di ruang Perpustakaan SMP Negeri 8 Surakarta untuk dibaca oleh semua pengunjung perpustakaan.

Sementara itu, Kepala SMP Negeri 8 Surakarta, Triad Suparman meyakini bahwa suksesnya kegiatan itu  merupakan tanggung jawab semua pihak.

“Sehingga marilah kita bersama menyukseskan Hari Pendidikan Nasional dengan meluncurkan kumpulan cerpen karya peserta didik generasi penerus bangsa yang berprestasi, berbudaya berdasarkan Iman dan Taqwa,” ujarnya.

Penulisan cerpen itu dilakukan setelah oleh para siswa kelas 7 dan 8, setelah mereka mengikuti upacara Setelah selesai upacara. Tema cerpen dibatasi tentang Hari Kartini dan Hardiknas.

Baca Juga :  Begini Kesiapan, SD Muhammadiyah 1 Solo Maju Lomba Sekolah Sehat Nasional

Peringatan Hardiknas tahun 2019 kali ini mengusung tema RA Kartini motivasi Pendidikan Bangsa Indonesia.  suhamdani

Loading...