JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Pendidikan

SD Muhammadiyah 1 Ketelan Ajarkan Kepedulian Lewat Parade Dongeng Kebaikan

Istimewa
Istimewa

SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM — Di era Industri 4.0 apapun bisa diakses melalui telepon genggam dengan sekali klik dengan instan dan cepat. Salah satu dampaknya, kurangnya menghargai proses. Oleh karena itu, penting mengajarkan anak untuk terbiasa melewati beberapa proses dengan sungguh-sungguh dalam belajar perlu ditanamkan.

Metode mendongeng mengajari anak berjiwa sosial saling Asah, Asih dan Asuh bisa menjadi alternatif. Seperti yang dilakukan di Sekolah Pendidikan Karakter Berbasis TIK dan Budaya SD Muhammadiyah 1 Ketelan Surakarta.

Baca Juga :  Peringati Hari Guru 2022, SMPN 8 Solo Bertabur Guru dan Siswa Berprestasi

Halaman sekolah tersebut dipenuhi ratusan siswa yang sudah duduk rapi sesuai kelas masing-masing. Mereka terlihat sangat gembira karena akan mengikuti kegiatan parade mendongeng dalam rangka peringati Nuzulul Quran.

Wakil Kepala Sekolah bidang Humas Jatmiko menyampaikan bahwa mendongeng merupakan media efektif, menanamkan nilai pendidikan karakter kepada siswa usia SD.

Baca Juga :  Sambut Hari Guru Nasional 2022, JSIT Jateng Gelar Doa Bersama

“Kita memberikan nasihat tanpa menggurui, dengan rasa senang, gembira menjadikan anak malah butuh nasehat tersebut sehingga dengan penuh perhatian menyaksikan dan mendengarkan dengan enjoy pentingnya nilai empati, kepekaan dan kepedulian terhadap sesama,” jelasnya, Rabu (22/5/2019)

Selesai berdoa di kelas masing-masing, peserta didik membawa kencleng surga melalui program filantropi cilik yang bekerja sama dengan Lazismu Solo.

Halaman selanjutnya »

Halaman :  1 2 Tampilkan semua
  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com