loading...
Loading...
Istimewa

SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM– Saat ini, proses pengerjaan struktur jalur kereta api Bandara Solo telah mencapai 79 persen. Terkait hal itu, stasiun Kereta Api (KA) Bandara direncanakan mulai beroperasi Juli 2019 mendatang.

Hal itu diketahui dari giat kerja Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi, Sabtu (4/5/2019), di Bandara Adi Soemarmo Solo. Menhub juga melakukan kunjungan ke Stasiun Kereta Api Solo Balapan, Terminal Tirtonadi, serta Stasiun Purwosari. Dalam peninjauannya di Bandara Adi Soemarmo, Menhub langsung meninjau proyek Stasiun keretaapi bandara untuk memastikan kesiapan pengoperasian stasiun keretaapi bandara.

“Bandara Adi Soemarmo bisa dipastikan memiliki kualifikasi teknis untuk penerbangan-penerbangan Internasional, sehingga kita sudah siapkan pada terminal Adi Soemarmo bisa digunakan untuk tripple seven sekalipun dengan kapasitas yang besar. Dan bandara Adi Soemarmo juga sebagai destinasi wisata lokal antara Semarang, Yogyakarta dan Solo, serta Borobudur yang terintegrasi. Integrasi sendiri membutuhkan keretaapi sebagai sarana penghubung yang relatif digemari dan dengan kecepatan yang lebih terukur dengan baik. Selain keretabandara di Jogja kita juga membuat keretaapi bandara dari bandara Adi Soemarmo menuju stasiun Balapan dengan panjang kira-kira 13 km. Diharapkan masyarakat, turis yang ingin ke solo dan sekitarnya bisa menggunakan keretaapi ini dengan lebih intensif. Kami memang akan mengembangkan bandara utk masyarakat Solo dan inter lanes. Dan inter lanes antara lain Klaten, Ceper, Karanganyar, Sragen dan sebagainya,” urainya.

Baca Juga :  Komandan Lanud Adi Soemarmo Buka Pendidikan Sejurla Radar Darat Plessey A-7

Sementara itu Dirjen Perkeretaapian Zulfikri menambahkan bahwa jalur keretaapi bandara Adi Soemarmo ditargetkan akan selesai akhir Juni dan bisa beroperasi di bulan Juli 2019 dengan jarak 13 km. Sementara masalah lahan tinggal ada sedikit lagi bisa diselesaikan.

“Efektifitas dalam keretaapi bandara harus maksimal karena diharapkan akan menjaring sebanyak mungkin penumpang dan diharapkan kegiatan ini produktif,” tuturnya.

Baca Juga :  Nama Anak Diplesetin Jadi Produk Es Teh,  "Jan Es Teh" Gibran : Bagus, Kreatif!

Dalam kesempatan yang sama Abdullah Usman selaku General Manager PT. Angkasa Pura I Bandara Adi Soemarmo menyampaikan bahwa konsep keretaapi bandara ini untuk mengantisipasi kelebihan traffic dan kelebihan penumpang di Adi Sutjipto Jogjakarta, sehingga disiapkan keretaapi untuk sampai ke solo balapan. Sehingga sarana penumpang bisa terakomodir.

“Airlines yang akan menambah slot time di Adi Sutjipto yang belum terakomodir bisa landing di Adi Soemarmo dan penumpangnya bisa menuju ke Adi Sutjipto dengan menggunakan Keretaapi bandara,” tandasnya. Triawati PP

Loading...