loading...
Loading...
Bima Sakti. pss.org

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM – Hasil undian kualifikasi Piala Asia U-16 Asia 2020 menempatkan Timnas U-16 Indonesia berada di Grup G Zona Timur. Dalam grup ini Indonesia bersama Cina, Brunei, Filipina, dan Kepulauan Mariana Utara.Kepastian tersebut didapat dari AFC melalui surat mereka yang ditujukan kepada PSSI, Kamis, 9 Mei.

Pelatih Bima Sakti, mengatakan semua lawan harus diwaspadai.

“Melihat hasil pengundian ini, saya rasa grup ini kompetitif. Semua lawan harus diwaspadai. Tidak akan ada kami meremehkan satu tim pun yang ada dalam grup ini. mereka semua memiliki kekuatan masing-masing. Saya hanya ingin fokus bagaimana membangun tim ini agar bisa bersaing di turnamen tersebut,” kata Bima, seperti dikutip laman resmi PSSI.

Hal istimewa lain adalah, Indonesia ditunjuk oleh AFC sebagai tuan rumah babak kualifikasi ini. Bersama Laos, Myanmar, Singapura dan Vietnam, Indonesia akan menjadi tuan rumah Kualifikasi Piala Asia U-16 2020 dari Zona Timur. Kelima negara tuan rumah ini secara otomatis akan ditempatkan di grup yang berbeda dalam pengundian grup yang akan dilaksanakan AFC.

Baca Juga :  Gara-gara Gas Elpiji, Kandang dan 4.000 Ekor Ayam milik Pengusaha di Mondokan Sragen Luluh Lantak. Kerugian Ditaksir Ratusan Juta

Bima Sakti mengatakan, timnas akan menggelar pemusatan latihan atau TC di Sawangan, Depok, pada 13 Mei mendatang. TC akan dipimpin langsung pelatih kepala Tim Nasional Indonesia U-16, Bima Sakti. “Kami akan menyeleksi sebanyak 45 pemain untuk tahap pertama,” ungkap Bima.

Mengenai pemain yang akan dibawa, Bima mengatakan, “Nama-nama pemain akan diberitahukan lebih lanjut. Saat ini kami sedang mengumpulkan dan mempersiapkan nama-namanya terlebih dahulu. Rata-rata mereka adalah pemain yang berasal dari kompetisi PSSI Elite Pro Academy U-16. Untuk pemain, saya mendapat informasi dan masukan dari pelatih-pelatih lain.”

Mantan pelatih Timnas Indonesia ini mengaku bersyukur atas kesempatan yang diberikan oleh PSSI. Dia menyebut akan memaksimalkan hal ini. Bima pun akan memulai tahap demi tahap untuk membangun tim nasional U-16 yang solid.

“Terima kasih atas kesempatan yang diberikan PSSI ini, saya akan memaksimalkan kepercayaan yang diberikan ini,” kata Bima. “Saya pikir ini hal baru buat kami dengan membentuk sebuah tim yang solid dari tahapan fisik ke tahapan berikutnya. Bulan puasa saya rasa tidak menjadi halangan bagi kami untuk melaksanakan TC, saya sudah membuat jadwal latihan yang tepat untuk mereka,” tambahnya.

Baca Juga :  Gara-gara Gas Elpiji, Kandang dan 4.000 Ekor Ayam milik Pengusaha di Mondokan Sragen Luluh Lantak. Kerugian Ditaksir Ratusan Juta

Selain untuk kualifikasi Piala Asia U-16, Tim nasional U-16 Bima Sakti ini juga disiapkan untuk bermain dalam turnamen AFF U-16 yang berlangsung tanggal 27 Juli 2019 dimana Indonesia berada di grup A, bersama dengan Myanmar, Vietnam, Timor-Leste, Singapura, dan Filipina. Laga perdana, mereka melawan Vietnam di tanggal 27 Juli 2019.

www.tempo.co

Loading...