JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Ani Yudhoyono Meninggal Dunia Setelah Berjuang Lawan Kanker Darah Selama 3 Bulan

madu borneo
madu borneo
madu borneo

Unggahan Ani Yudhoyono yang mendapatkan kiriman dari orang-orang yang mencintainya. Foto: Instagram

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM – Mantan ibu negara, Ani Yudhoyono meninggal dunia pada Sabtu, (1/6/2019), pukul 11.50 waktu Singapura. Ani Yudhoyono meninggal pada usia 67 tahun, sebelum wafat, ia berjuang melawan kanker darah selama tiga bulan di National University Hospital.

Sebelumnya ia langsung dibawa ke Singapura, setelah pingsan seusai menemani perjalanan suaminya, Presiden RI ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), berkampanye untuk Partai Demokrat di Pulau Sumatera.

Sebelumnya, tidak ada tanda-tanda bahwa Ani Yudhoyono bakal terkena penyakit mematikan itu. Begitu divonis dokter bahwa ia menderita kanker darah, SBY tak pernah beranjak dari sisinya. Ia dengan setia menemani istrinya. Tugas konsilidasi partai dialihkan kepada putra sulungnya, Agus Harimurti Yudhoyono atau AHY.

Baca Juga :  Hanum: Kondisi Hanafi Rais Sadar dan Terus Membaik Usai Tabrakan Karambol di Tol Cipali

“Selama puluhan tahun, 43 tahun sejak menikah tahun 76 lalu, Ibu selalu mendampingi kemanapun. Dan inilah saatnya Pepo membayar itu semua. Itu yang disampaikan Bapak SBY ke saya,” kata Agus saat diwawancara di Trans TV.

AHY mengaku tak satupun dari anggota keluarga yang siap saat menerima kabar dari dokter bahwa ibunya menderita kanker darah. “Gak pernah ada yang siap. Keluarga manapun tidak ada yang pernah siap untuk menerima berita seberat itu. Saya tidak akan pernah melupakan penggalan cerita kehidupan itu,karena justru ibu hanya keluar sedikit air mata ketika mendengar itu,” ujarnya.

Ani Yudhoyono sendiri, selama sakit, menerima simpati dari berbagai pihak. Meski sakit, sesekali ia masih mengunggah penyemangat diri untuk terus berjuang hidup. Bahkan, ia menulis di bio akun Instagramnya, kalimat menyemangati diri sendiri. “Insya Allah, I will never give up fighting this cancer.”

Baca Juga :  Lokasi Kecelakaan Tak Terpantau CCTV, Polisi Akui Kesulitan Mengidentifikasi Penabrak Mobil Hanafi Rais

Unggahan terakhir Ani Yudhoyono pada 16 Mei 2019 saat ia dibolehkan menghirup udara segar Singapura. Ada delapan foto saat ia duduk di kursi roda yang didorong oleh SBY, ditemani menantu sulungnya Annisa Pohan berjalan-jalan di sekitar rumah sakit.

“Alhamdulillah setelah 3 bulan tidak menghirup udara segar, hari ini saya diperkenan dokter keluar ruangan untuk melihat hijaunya daun, birunya langit dan segarnya udara walau hanya 1-2 jam. Terima kasih Ya Allah…Semoga kesehatanku semakin pulih. Mohon doa teman-teman semua,” tulis Ani Yudhoyono dalam unggahan itu.

www.tempo.co