JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Kesehatan

Begini Saran Ahli Gizi Agar Penderita Kolesterol Tetap Bisa Menikmati Hidangan Lebaran yang Lezat

Ilustrasi makanan berlemak. pexels
Ilustrasi makanan berlemak. pexels

JOGLOSEMARNEWS.COM – Lebaran telah berlalu, namun suasananya masih sangat terasa. Kegiatan pasca lebaran masih banyak dilakukan oleh masyarakat Indonesia, seperti mengunjungi sanak saudara, teman, tetangga atau reuni dengan teman lama.

Selama mengikuti kegiatan tersebut banyak disajikan hidangan khas Lebaran seperti opor, sambal goreng, rendang, kue nastar dan lain sebagainya. Hampir semua makanan tersebut mengandung kolesterol tinggi.

Bagi penderita kolesterol yang tetap ingin menikmati hidangan lebaran 2019, wajib memperhatikan beberapa tips yang disarankan oleh ahli.

Ahli gizi kuliner Nurul Hindaryani, SPd.MGz dari Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan (Poltekes) mengatakan, bisa saja penderita kolesterol menikmati hidangan lebaran.

Baca Juga :  Pandemi Covid-19, Tak Perlu Takut Kontrol ke Rumah Sakit

Namun tetap harus pandai menyiasati agar tak kambuh pada momen lebaran.

“Pertama, ya jangan makan makanan itu terus. Misal pagi sudah opor, makan siang dan malamnya jangan opor lagi. Apalagi kalau sekali makan nambah-nambah terus,” tuturnya.

Kedua, penuhi kebutuhan serat, supaya kolesterol jahat dapat terserap kembali.

Caranya, makan banyak sayur dan buah untuk mendampingi makan-makanan bersantan.

“Kalau dalam menunya masih ada sayur labu manisa itu masih mending. Berarti ada serat yang masuk. Kalau sama sekali nggak ada sayuran di menunya, buah jangan sampai lupa,” ujar Nurul.

Baca Juga :  Ini 4 Macam Efek Samping saat Uji Klinis Vaksin Covid-19

Konsumsi buah-buahan, dapat juga diolah menjadi jus. Namun Nurul meyarankan, tidak menambahkan gula saat mengolah buah menjadi jus.

“Karena kan di dalam buah sudah ada fruktosa. Jadi kalau mau sehat, sebaiknya tidak menambahkan gula lagi saat bikin jus,” tukasnya.

Ketimbang menambahkan gula, mengombinasikan jenis buah untuk menghasilkan rasa jus yang diinginkan, lebih disarankan.

Nurul menambahkan, misal ingin membuat jus strawberry dengan rasa manis, maka bisa mengombinasikannya dengan pisang, sehingga rasa yang muncul nantinya manis sedikit asam.

www.tribunnews.com