JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Solo

Dongkrak Kinerja Petugas, Terminal Tirtonadi Gelar Tirtonadi Award

Istimewa
surakarta.ut.ac.id
surakarta.ut.ac.id
surakarta.ut.ac.id
Istimewa

SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM – Terminal Tipe A Tirtonadi menggelar acara Tirtonadi Award 2019, Sabtu (15/6/2019) malam. Melalui award tersebut diharapkan mampu mendongkrak kinerja petugas terminal.

Koordinator Terminal Tipe A Tirtonadi, Joko Sutriyanto mengatakan, acara tersebut sekaligus sebagai ucapan syukur atas berlangsungya arus mudik-balik Lebaran 2019. Acara yang berlangsung di halaman parkir lantai atas terminal tersebut, mengukuhkan Denny dari Satuan Lalulintas, Basuki dari satuan keamanan, Syalis dari satuan informasi, dan Sugiman dari satuan perawatan sebagai peraih penghargaan.

“Kalau orang Jawa, biasanya setelah nduwe gawe (hajatan), ditutup dengan acara Sumsuman. Dimaksudkan agar segera mari kesel (hilang capek), dan kembali bisa bekerja melanjutkan pelayanan, ini tujuan acara kita,” ungkapnya

Baca Juga :  Bersiap Rekrut Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP), KPU Solo: Integritas Jadi Syarat Utama

Joko mengatakan, pemberian Tirtonadi Award merupakan kedua kalinya dilaksanakan. Sebelumnya pada tahun lalu, juga dilaksanakan acara yang sama, dan hanya diberikan kepada satu orang peraih penghargaan. Tapi, kata Joko, tahun ini dilaksanakan dengan penambahan penerima penghargaan ditiap satuan.

“Jadi masing-masing satuan, seperti satuan perawatan, satuan keamanan, satuan lalu lintas, dan lainnya, masing-masing mendapatkan satu penghargaan,” ujarnya.

Hal ini, menurut Joko, mampu mendongkrak kinerja perorangan bagi karyawan dan karyawati di lingkungan Terminal Tipe A Tirtonadi Surakarta. Terbukti setelah pemberian award pada tahun lalu, kinerja yang dilaksanakan menjadi lebih baik, dan lebih disiplin.

Baca Juga :  Danlanud Adi Soemarmo Pimpin Sertijab Danskadik 401, Danskadik 404 dan Kepala RSAU. dr. Siswanto

“Tahun lalu itu, istilahnya percobaan, kita adakan reward dan punishment. Dan terbukti, kinerja semakin membaik. Yang mendapatkan reward jadi semakin rajin dan disiplin, yang mendapatkan punishment juga semakin baik karena kita beri teguran. Nah yang tidak mendapatkan bagaimana? Mereka berlomba-lomba untuk jadi lebih baik dan maksimal dalam kinerja, agar mendapatkan penghargaan yang sama,” urainya.

Selain sebagai ajang pemberian award, acara yang digelar mulai pukul 19.30 WIB tersebut, juga menjadi ajang silaturahmi antar karyawan. Tampak mereka yang hadir bersalam-salaman dan mengucapkan mohon maaf lahir dan batin. Triawati PP