JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Sragen

Pertama di Indonesia, Dispendukcatpil Sragen Luncurkan Program Cetak KIA Via ATM. Cukup Daftar dari Rumah, Lalu Ambil KIA di ATM

Inovasi anjungan tempat mencetak (ATM) KIA yang dilaunching Dispendukcatpil Sragen Jumat (21/6/2019). Foto/Wardoyo
surakarta.ut.ac.id
surakarta.ut.ac.id
surakarta.ut.ac.id
Inovasi anjungan tempat mencetak (ATM) KIA yang dilaunching Dispendukcatpil Sragen Jumat (21/6/2019). Foto/Wardoyo

SRAGEN, JOGLOSEMARNEWS.COM Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcatpil) Sragen kembali membuat gebrakan inovasi. Jumat (21/6/2019) pagi, dua inovasi baru dilaunching secara bersamaan.

Tak tanggung-tanggung, dua inovasi itu merupakan rintisan yang diklaim baru pertama di Jawa Tengah dan kemungkinan nasional.

Dua inovasi itu adalah Anjungan Tempat Mencetak (ATM) Kartu Identitas Anak (KIA) dan Lapur Kakak (Layanan Purna KTP dan KK). Dua inovasi itu dilaunching oleh bupati Sragen Kusdinar Untung Yuni Sukowati didampingi Wabup Dedy, Tatag Sekda dan Kepala Dispendukcatpil Wahyu L Wiyanto.

Wahyu mengatakan layanan ATM KIA itu merupakan inovasi baru untuk mencetak KIA secara cepat dan mudah. Masyarakat tak perlu antri lagi karena sekarang bisa mendaftar via aplikasi online untum KIA.

Baca Juga :  Geger Perusakan Tugu Perguruan Silat di Sragen, Danrem 074 Surakarta Langsung Turun Gunung. Sebut Kalau Ada Oknum Yang Memanaskan Sragen, Siap Bantu Usut Provokatornya!

“Nanti tinggal mendaftar di rumah, masukkan berkas dan foto nanti akan dapat pasword. Dari pasword itu nanti tinggal datang ke sini dimasukkan dan untuk mencetak KIA sendiri di ATM sini. Jadi enggak perlu antri dan datang berkali-kali,” paparnya seusai launching.

Wahyu menguraikan inovasi cetak KIA via ATM itu baru pertama di Jateng dan kemungkinan juga baru pertama di Indonesia. Selain mendekatkan dan mempermudah pelayanan, program itu juga untuk memback up program Sragen Smart City.

Nantinya, semua pelayanan akan menerapkan sistem daring. Sementara, untuk Lapur Kakak digagas untuk memberikan kemudahan bagi PNS yang sudah purna untuk mengurus segala kebutuhan administrasi pendudukan utamanya KTP dan Kartu Keluarga (KK).

Baca Juga :  Ini Identitas 2 Korban Kecelakaan Maut di Kadipiro Solo, Asal Gemolong dan Sumberlawang, Polisi Masih Selidiki Truk yang Kabur

Sehingga mereka juga tak perlu bolak-balik atau susah payah datang ke Dispendukcatpil untuk mengurus penyesuaian KK atau KTP.

Peresmian ATM KIA oleh Bupati Sragen. Foto/Wardoyo

Bupati Kusdinar Untung Yuni Sukowati mengapresiasi inovasi baru ATM KIA dan Lapur Kakak itu. Menurutnya inovasi itu sangat bagus untuk mendekatkan pelayanan dan memberi kemudahan bagi masyarakat serta pensiunan PNS yang ingin mengurus KIA maupun KTP-KK.

“Jadi yang ATM KIA, masyarakat tidak perlu datang berkali-kali. Cukup di rumah daftar via onlonr, dapat pasword, baru datang ke sini mencetak di ATM. Jadi cukup sekali datang langsung ambil KIA. Ini inovasi athikane dewe (kreasi sendiri),” tuturnya. Wardoyo