loading...
Loading...
Tempo.co

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM – Tersangka makar yang juga mantan Kapolda  Metro Jaya, Komjen  (Purnawirawan) Sofyan Jacob memenuhi panggilan pemeriksaan polisi siang, Senin (17/6/2019).

Sofyan tiba di gedung Ditkrimum Polda Metro Jaya, institusi yang pernah dipimpinnya, sekitar pukul 10.19 WIB.

Dia enggan bicara banyak dan mengatakan tak tahu-menahu soal kasus makar yang menjeratnya.

“Saya enggak tahu apa salah saya. Saya datang sebagai Purnawirawan Polri yang taat kepada hukum,” ujar Sofyan setibanya di Polda Metro Jaya.

Sofyan Jacob ditemani oleh beberapa orang kuasa hukum. Setelah  memberikan keterangan singkat kepada pers, Sofyan langsung masuk ke ruang pemeriksaan.

Sofyan Jacob disangka melanggar Pasal 107 KUHP dan atau 110 KUHP juncto Pasal 87 KUHP dan atau Pasal 14 ayat 1 dan ayat 2 dan atau Pasal 15 Undang-Undang (UU) Nomor 1 Tahun 1946 Tentang Peraturan Hukum Pidana.

Baca Juga :  Sinta Nuriyah: Gus Dur Tak Suruh Perempuan Muslim Berjilbab

Pemeriksaan tersebut panggilan kedua setelah pada Senin pekan lalu, 10 Juni 2019, Sofyan Jacob tidak memenuhi panggilan dengan alasan sedang sakit. Kuasa hukumnya, Ahmad Yani, hadir di Polda Metro pada hari itu untuk mengantar surat permohonan penjadwalan ulang pemeriksaan.

Polisi menetapkan Sofyan Jacob sebagai tersangka dugaan kasus makar dan menyebar kabar bohong alias hoax pada Rabu, 29 Mei 2019, setelah polisi memeriksa sejumlah saksi dan melakukan gelar perkara. Ia disangka makar berdasarkan isi sebuah rekaman video.

“Bukti makar, ada ucapan dalam bentuk video,” ujar Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Metro Jaya Komisaris Besar Argo Yuwono, pekan lalu.

Baca Juga :  Pengikut Keraton Agung Sejagat Tersebar Sampai ke Wonogiri

Dia menjabat selama sekitar tujuh bulan sejak era Presiden Abdurrahman Wahid sampai Megawati Soekarnoputri. Sofyan Jacob dilaporkan oleh seseorang di Bareskrim Mabes Polri yang juga pelapor kasus makar dengan tersangka Eggi Sudjana dan Kivlan Zen. Laporan terhadap Sofyan itu dilimpahkan ke Polda Metro Jaya.

www.tempo.co

Loading...