loading...
Joglosemarnews/A Setiawan

SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM
SD Kisten Widya Wacana Jamsaren menyelenggarakan workshop Peningkatan Kompetensi Guru dengan mengangkat tema Penulisan Soal Berbasis HOTS, Senin (24/6/2019).

Materi workshop disampaikan oleh Dr Issufiah Dwi Nuryati, S.Pd., M.Pd.

Dikatakan Issufiah, menurut Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 22 tahun 2016 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah,
proses pembelajaran pada satuan pendidikan diselenggarakan secara interaktif, inspiratif, memotivasi, aktif, efektif dan menyenangkan.

“Harapannya, peserta didik dapat berpartisipasi secara aktif serta memiliki ruang yang cukup guna berkreasi secara mandiri,” ujarnya.

Baca Juga :  Pemerintah dan DPR Sepakat Tiadakan UN Karena Wabah Corona

Dengan demikian, ujar Issufiah, setiap Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) memerlukan perencanaan pembelajaran (RPP), pelaksanaan proses pembelajaran (KBM) serta penilaian proses pembelajaran yang efektif dan efisien.

Dengan pola semacam itu, harapannya dapat dicapai kompetensi lulusan atau hasil belajar yang memuaskan dan berkualitas.

Dalam rangka evaluasi hasil belajar yang efektif dan efisien itu diperlukan metode pembuatan soal berbasis HOTS (Higher Order Thinking Skills).

Workshop pembuatan soal berbasis HOTS itu diikuti oleh seluruh guru dari SD Kristen Widya Wacana Jamsaren, Pasar Legi dan Kartasura dengan total peserta 70 orang.

Baca Juga :  Unisri Produksi Hand Sanitizer untuk Dibagikan Pada Masyarakat

Workshop tersebut untuk meningkatkan mutu pembelajaran kurikulum 2013 di lingkup SD Widya Wacana Surakarta dan Kartasura. A Setiawan