JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Koalisi Jokowi Tak Ingin Tambah Partai Baru

tempo.co
   
tempo.co

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM – Empat partai pengusung Joko Widodo-Ma’ruf Amin tidak berencana melebarkan koalisi dengan menambah partai baru dari eks pendukung Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.

Demikian ditegaskan oleh Sekretaris Jenderal Partai NasDem Johnny G. Plate.
Menurut Johnny, hal itu merupakan hasil pembahasan dalam pertemuan empat ketua umum di kantor DPP Partai Nasdem, Jakarta, Senin (22/7/2019) malam.

“Kami belum berpikir sekalipun untuk mengembangkan atau melebarkan koalisi, yang ada justru menjaga soliditas koalisi,” kata Johnny di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (23/7/2019).

Baca Juga :  Tak Ingin Partai Ka’bah Hilang Karena Operasi Politik Jokowi, Ini yang Dilakukan PDIP

Pertemuan Senin malam lalu melibatkan Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh, Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa Muhaimin Iskandar, Plt Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan Suharso Monoarfa, dan Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto.

Johny menuturkan, keempat ketua umum itu berpandangan bahwa koalisi sudah solid dan sehat. Dia menyebut kondisi saat ini berbeda dengan selepas pemilihan presiden 2014 lalu di mana koalisi Jokowi tak cukup kuat lantaran tidak disokong mayoritas partai di parlemen. Saat ini, ujar Johny, koalisi Jokowi sehat dan kuat.

Baca Juga :  Paslon Anies-Cak Imin Resmi Serahkan Gugatan Hasil Pilpres 2024, Ini Respons MK

“Jadi kami sadar dengan kenyataan tersebut dan kami tidak mengajukan syarat apa-apa. Ide power sharing 55-45 itu bertentangan dengan sistem presidensial,” ujarnya.

Menurut dia, ide power sharing 55-45 persen suara itu atas nama kelompok. Sedangkan koalisi BPN Prabowo – Sandiaga sudah dibubarkan.

Sementara di sisi lain, Bara Hasibuan mengatakan PAN benar-benar ingin bergabung untuk membantu Pemerintahan Jokowi – Ma’ruf.

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com