loading...
Loading...
Para peserta sedang mengikuti kejuaraan Asian Juniors and Girls Chess Championship (AJCC) 2019 yang digelar di Lor In Hotel, Solo. Foto: Triawati

SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM– Hari kelima, pecatur putra Vietnam, Nguyen Anh Khoi masih dominan dalam kejuaraan Asian Juniors and Girls Chess Championship (AJCC) 2019 yang digelar di Lor In Hotel, Solo. Sampai lima babak terlampaui, pecatur dengan rating 2.516 tersebut berhasil secara sempurna memperoleh full poin.

Menurut Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi Pengurus Besar Persatuan Catur Indonesia (PB Percasi), Kristianus Liem, Nguyen sebelumnya unggul dari pecatur India, Raghunandan Kaimandur. Dan di hari kelima, dia menghadapi pecatur Iran.

“Nguyen Anh Khoi ini memiliki kualitas bagus dan kesabaran yang luar biasa. Meskipun pada pembukaan, lawannya dari India lebih bagus tetapi dengan kesabaran ternyata mampu membalikkan keadaan. Raghunandan menjadi tidak sabar dan mengorbankan satu pion dan menyerang tetapi serangannya tidak cukup, jado kalah sendiri,” urainya, Jumat (5/7/2019).

Baca Juga :  Menang 2-1 dari PSIM Yogykarta, Persis Solo Juara Paruh Musim

Sementara itu, pecatur Indonesia, Catur Adi Sagita bermain cukup bagus dengan menghimpun 4 poin. Saat ini dia berada di peringkat 4. Sedangkan pecatur Iran, Gholami Orimi Mahdi ada di peringkat kedua dengan poin 4. Posisi ketiga dengan poin yang sama yakni 4 diduduki pecatur Filipina, Daniel Quizon.

“Catur Adi Sagita kemarin mengalahkan pecatur Vietnam, Nguyen Dang Hong Phuc. Dia mainnya juga bagus, dalam permainan tengah dia kedesak dan 2 pionnya dia kasih. Tapi kompensasinya dia dapat serangan, ada 1 pion di lajur C sempat di petak C2 kemudian menteri dan gajahnya lebih aktif,” imbuh Kristianus.

Di sisi lain, lanjut Kristianus, pecatur Indonesia yang juga masih bisa diandalkan adalah Daniel Hermawan Tobing yang mengumpulkan poin 3,5. Daniel kalah di babak 1 dari pecatur Viernam, Nguyen Anh Khoi.

Baca Juga :  Menang 2-1 dari PSIM Yogykarta, Persis Solo Juara Paruh Musim

“Arif Abdul Hafiz dia juga menang lagi, mudah-mudahan kalau hari ini dan selanjutnya dia bisa menang lagi maka bisa kita harapkan,” paparnya.

Kemudian untuk kelompok putri, peringkat 1 klasemen sementara diduduki pecatur India, Chitlange Sakshi dengan 4,5 poin. Posisi kedua pecatur Kazakhstan, Serikbay Assel dengan 4 poin dan posisi ketiga Aakanksha Hagawane asal India dengan 4 poin.

“Pecatur putri kita berada di posisi agak jauh tapi kita lihat besok karena masih ada 4 babak lagi. Diajeng Theresa Singgih masih di posisi 9 dengan 3 poin. Sedangkan Ummi Fisabilillah ada di peringkat 10 dengan jumlah poin 3. Ummi kemarin juga menang tapi poinnya masih 3. Kalau di 4 babak terakhir pecatur kita bisa menang maka poinnya bisa 7,5 itu sudah ranking juara. Kesempatan untuk menjadi juara memang mengecil tetapi masih ada 4 babak terakhir,” tukas Kristianus.

Baca Juga :  Menang 2-1 dari PSIM Yogykarta, Persis Solo Juara Paruh Musim

Sebanyak 72 pecatur junior dari 11 negara mengikuti Kejuaraan Catur Remaja Asia atau Asian Junior Chess Championship 2019, di Ballroom Puri Kencono Lorin Solo Hotel, 1-9 Juli 2019. Mereka berasal dari India, Vietnam, Iran, Malaysia, Filipina, Kazakhstan, New Zealand, Hongkong, Bangladesh, Cina Taipei dan tuan rumah Indonesia.

Ketua Pengurus Besar (PB) Persatuan Catur Seluruh Indonesia (Percasi) Utut Adianto mengatakan kejuaraan, tersebut diperuntukkan bagi pecatur remaja Asia yang berusia 20 tahun ke bawah.

“Event ini adalah arena bergengsi bagi para pecatur junior Asia. Karena disinilah para pecatur muda bisa menunjukkan kemampuan terbaiknya dan berhak menyadang gelar sebagai yang terbaik di Asia,” ujarnya. Triawati PP

Iklan
Loading...