JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Jimly Asshiddiqie: Bahaya Jika Semua Partai Masuk Pemerintahan

Tempo.co
ย ย ย 
Tempo.co

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM
Sistem pemerintahan akan lebih baik jika memiliki oposisi. Karena itu, tidak selayaknya jika semua kubu bergabung dengan pemerintah.

Demikian dikatakan oleh Ketua Umum Ikatan Cendikawan Muslim Indonesia (ICMI) Jimly Asshiddiqie.

“Enggak usah semuanya orang ingin masuk jadi pemerintah. Bagi dua saja, biar ada yang mengimbangi,” ujar Jimly dalam sambutannya di acara halal bihalal ICMI di Hotel Westin, Jakarta Selatan, Jumat (5/7/2019).

Jimly mengaitkan hal itu dengan situasi politik tanah air setelahย kemenangan pasangan Joko Widodo-Ma’ruf Amin.

Muncul wacana bergabungnya partai-partai oposisi ke pemerintah. Setelah diawali sinyal dari Partai Demokrat dan Partai Amanat Nasional yang mendekat ke Jokowi, belakangan Partai Gerindra juga disebut-sebut mulai mendekat.

Baca Juga :  PPP dan TPN Ganjar-Mahfud Ajukan Gugatan PHPU di MK Hampir Bersamaan

Jimly mengatakan oposisi dibutuhkan dalam sistem demokrasi yang sehat. Adanya oposisi, membuat kedua pihak bisa saling mengawasi satu sama lain.

“Check and balance dalam sistem demokrasi kita akan semakin mendewasakan kehidupan kebangsaan,” ujarnya.

Ia pun menerangkan bahkan dalamย Al Quran disebutkan harus ada dua golongan di muka bumi ini agar dapat saling mengontrol dan mengendalikan. Jika tidak, maka bumi bisa hancur.

“Peradaban material, peradapan spiritual hancur kalau tidak ada keseimbangan. Maka hasil pemilihan umum ini, biar saja lah kita pelihara,” ucapnya.

Meski begitu, Jimly Asshiddiqie memintaย masyarakat dapat kembali berdamai meski sempat terpecah saat Pilpresย 2019.

Ia mengatakan ada 78 juta penduduk Indonesia yang memilih pasangan Prabowo Subianto-Sandiaga Unoย di Pilpresย 2019.

Baca Juga :  AHY: Kalau Kita Masih di Koalisi Perubahan, Hancur

Meski angkaya lebih kecil dari pemilih Jokowi-Ma’ruf, jumlah itu rawan bagi situasi Indonesia jika terus-menerus menolak hasil resmi Komisi Pemilihan Umum.

“Jumlah 78 juta itu banyak sekali. Kalau 10 persennya saja hardliner, emosional, maka perlu kita rawat supaya emosinya terkendali,” kata Jimly.

ICMI mengusung tema rekonsiliasi untuk bangsa dalam halal bihalal tersebut. Selain Jimly Asshiddiqie, hadir Wakil Presiden Jusuf Kalla yang juga menjabat Ketua Dewan Penasihat ICMI Pusat, Ketua Umum Partai Amanat Nasional sekaligus Ketua MPR Zulkifli Hasan, hingga Ketua Umum Lajnah Tanfidziyah Syarikat Islam (SI) Indonesia Hamdan Zoelva.

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com