JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Pengamat: Demokrat Merapat ke Jokowi Demi AHY di Pilpres 2024

Tempo.co
surakarta.ut.ac.id
surakarta.ut.ac.id
surakarta.ut.ac.id
Tempo.co

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM  – Gelagat Partai Demokrat bakal merapat ke Jokowi sudah terlihat sejak beberapa lama.

Menurut pakar politik, Dewi Fortuna Anwar, hal itu dilakukan karena Partai Demokrat perlu menyiapkan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) untuk kontestasi Pilpres 2024.

“Demokrat masuk ke pemerintahan dengan harapan bisa membuat Mas Agus (AHY) masuk kabinet,” kata dia, di Jakarta, Senin ( 28/7/2019).

Dengan masuknya AHY di kabinet, menurut dia, setidaknya bisa menjadi ajang pemanasan bagi putra sulung Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) itu untuk berlaga pada Pilpres 2024 seiring dengan munculnya calon-calon baru.

Baca Juga :  Ketua KPU: Cukup Banyak Alasan Orang Tak Datang ke TPS

Pada Pilpres 2024, kata dia, partai-partai politik harus mengadu kandidat baru untuk figur calon presiden, sementara Demokrat sudah memiliki AHY yang tinggal diasah pengalamannya di pemerintahan.

“Pada 2024, Jokowi kan enggak running lagi. Macam-macam parpol akan mengadu calon baru,” katanya.

Baca Juga :  Istilah "New Normal" Disebut Gagal Dipahami Masyarakat, Jubir Pemerintah Usul Diganti "Kebiasaan Baru"

Selain Demokrat, Dewi memperkirakan akan ada sejumlah parpol eks Koalisi Adil Makmur yang merapat ke koalisi pemerintahan Jokowi, di luar Gerindra dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS).

Ia menyebutkan Partai Amanat Nasional (PAN) juga berpeluang masuk ke koalisi karena terbiasa main dua kaki, sementara PKS sepertinya akan tetap berada di oposisi.

www.tempo.co