loading...
Loading...
Tes urine personel Kodim Karanganyar. Foto/Wardoyo

KARANGANYAR, JOGLOSEMARNEWS.COM- Sebanyak 120 anggota Kodim 0727 Karanganyar, mendadak menjalani pemeriksaan urin di Makodim setempat, Senin (29/07/2019) pagi. Pemeriksaan dengan sitem random sampling tersebut, dilakukan untuk memastikan ada tidaknya anggota Kodim yang menggunakan narkotika dan obat-obatan.

Pemeriksaan urin dilakukan oleh tim P4GN Karanganyar. Dandim 0727 Karanganyar, Letkol Inf Andy mengatakan, tetap akan bersikap tegas bagi para anggota yang terlibat, baik sebagai pengguna, maupun pengedar narkoba.

Menurut Dandim, pelaksanaan test urin ini dilakukan atas perintah atasan, sebagai bentuk komitmen pemberantasan peredaran narkoba, khususnya di lingkungan TNI.

Baca Juga :  DPRD Karanganyar Geregetan, Tinggal 2 Bulan Serapan APBD Baru 50 %. Minta Dinas Segera Percepat Penyerapan 

“Pimpinan TNI telah memerintahkan, tidak ada ampun bagi oknum yang masih suka menggunakan barang haram tersebut. Dan kami tetap komitmen untuk ikut membantu aparat kepolisian dalam memberantas narkoba di wilayah Karanganyar,” tegas Dandim.

Mengenai sanksi yang diberikan jika ada oknum yang diduga masih menggunakan atau menjadi pengedar narkoba, Dandim dengan tegas meneyatakan, tetap akan diproses sesuai dengan  hukum yang berlaku.

Baca Juga :  Kisah Pilu Derita Pasangan Maryadi-Harnita Asal Tawangmangu Gerakkan Empati Sejumlah Kalangan Untuk Membantu. Kondisi Harnita Bikin Trenyuh!  

“Kita tidak tidak main-main dalam hal ini. Jika ada anggota yang positif dan menjadi pengedar narkoba, tetap akan kita proses sesuai dengan hukum yang berlaku. Yang jelas, sanksi yang paling berat adalah pemecatan sebagai anggota TNI. Saya minta, jangan main-main dengan barang haram ini. Jika memang masyarakat mengetahui ada anggota yang terlibat, silahkan laporkan, kita akan mengambil tindakan tegas,” tandasnya.

Beruntung, dari 120 anggota yang diperiksa, hasilnya cukup mengejutkan. Tidak ada yang positif sehingga semua aman dari sanksi.

Baca Juga :  Kabar Terbaru Penerimaan CPNS Karanganyar, Sekda Ungkap Soal Jadwal Seleksi. DPRD Minta Kebutuhan 2 Formasi Penting Ini Dihitung Ulang 

Sementara itu, Sekretaris P4GN Karanganyar, Aris Indriatmoko, mengatakan, pemeriksaan urin ini dilakukan dengan menggunakan 6 indikator.

Dalam satu kali pemeriksaan, jelasnya, dapat mendeteksi penggunaan sejumlah jeins narkoba, diantaranya, benzo deazepham, morphin, mariyuana, ampethamin, methampetamin.

“Hasilnya juga lebih akurat dibandingkan dengan alat pemeriksaan urin sebelumnya. Usai pemeriksaan urin di Kodim, selanjutnya kita juga akan melakukan pemeriksaan urin kepada seluruh ASN di Karanganyar,” jelasnya. Wardoyo

Loading...