loading...
Loading...
Foto/Humas Polda

KLATEN, JOGLOSEMARNEWS.COM- Upaya Polri dalam meredam peristiwa manokwari terus dilakukan. Tak hanya di Papua, seluruh jajaran juga melakukan kegiatan imbangan untuk memastikan situasi kondusif tercipta di wilayah masing-masing.

Seperti yang dilakukan Polres Klaten, kegiatan imbangan ini digelar melalui pendekatan silaturahmi kepada komunitas pelajar/mahasiswa asal papua yang sedang tugas belajar di Klaten.

Kegiatan yang diawaki Sat Intelkam tersebut berlangsung penuh keakraban. 5 pelajar yang sedang menempuh pendidikan di SMA N 2 Klaten diajak makan malam dan menyusuri kota Klaten.

Selain silaturahmi, kegiatan tersebut sekaligus untuk lebih mengenalkan adat budaya Klaten sehingga akan lebih meningkatkan rasa kebersamaan dan cinta tanah air.

Baca Juga :  Polda Jateng Kumpulkan BEM Sejumlah Universitas, Kapolda Jamin Keamanan Pelajar Papua dan Siap Amankan Aksi Mahasiswa

Kasat Intelkam Iptu Panaji Suryo mewakili Kapolres Klaten AKBP Aries Andhi menghimbau kepada para pelajar asal Papua agar tetap fokus belajar dan tidak terprovokasi kejadian di Manokwari.

“Saya berharap adik-adik asal Papua yang tengah tugas belajar di Klaten ini tetap fokus sekolah, jangan mudah terprovokasi. Serahkan masalah yang terjadi kepada aparat dan pemerintah Dan kami dari jajaran Polres Klaten menjamin keamanan para pelajar Papua yang ada di sini,” paparnya dilansir Tribratanews Polda Jateng.

Baca Juga :  Asosiasi Dokumenteris Nusantara Gelar Sambung Rasa Nasional di Klaten

Di sela-sela kegiatan tersebut para pelajar asal Papua mengajak seluruh pihak untuk menjaga perdamaian. Mereka juga menyampaikan pesan kepada keluarga yang ada di Papua bahwa keberadaan mereka di Klaten aman tidak ada insiden, sehingga tidak perlu ada kekhawatiran.

“Mamak, Papa, saudaraku yang ada di Papua, kami di Klaten dalam keadaan aman dan baik-baik saja. Kepada teman-teman pelajar asal papua di seluruh Nusantara, mari kita tetap semangat dan fokus belajar demi tercapainya cita-cita. Indonesia Damai, Indonesia Jaya Selamanya.” ungkap Ben Nur Williem Aibekob bersama 4 rekan lainnya.

Baca Juga :  Asosiasi Dokumenteris Nusantara Gelar Sambung Rasa Nasional di Klaten

Lebih lanjut Kasat Intelkam mengatakan bahwa Polres Klaten bersama seluruh masyarakat Klaten selama ini menerima pelajar/mahasiswa asal Papua dengan tangan terbuka dan tidak pernah ada kejadian negatif.

Hubungan harmonis juga telah terbina dengan baik, salah satu contohnya adalah Lani Serius Lubani warga asal Wamena yang telah bekerja dan tinggal selama 7 tahun di Klaten. Hubungan seperti itu yang akan terus dibina dan ditingkatkan. JSnews

 

Loading...