loading...
Loading...
Joglosemarnews/A Setiawan

SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM – Menyambut hari jadi Republik Indonesia yang ke – 74, Lembaga Dewan Adat (LDA) Keraton Kasunanan Surakarta melakukan aksi pengecetan di sepanjang Kori Sapitoerang dan Kori Patjikerran tembok keraton.

Puluhan abdi dalem dikerahkan dalam kegiatan tersebut. Aksi tersebut dipimpin langsung oleh Ketua LDA Keraton Kasunanan Surakarta, GKR Wandansari Koes Moertiyah atau yang sering di sapa Gusti Moeng.

Humas LDA, KRT Sulistyo Wartonagoro menjelaskan, dalam kegiatan tersebut, LDA urunan untuk merawat dan melestarikan benda cagar budaya yang berada di wilayah Keraton Surakarta.

Baca Juga :  CATAT! Kini Masyarakat Dilarang Saksikan Naik Turun Pesawat di Sebelah Barat Bandara Adi Soemarmo

“Acara ini sifatnya tahunan, dan biasanya swadaya dari para Sentono dalem dan orang yang peduli terhadap Keraton Surakarta Hadiningrat. LDA tidak mendapatkan anggaran dari pemerintah, maka kami merasa bertanggung jawab untuk melestarikan bangunan cagar budaya ini dengan cara urunan.

“Kraton ini kan kawasan cagar budaya, jadi harus benar-benar dijaga dan dirawat kelestariannya,” papar putri Raja Pakubuwono XII yang akrab di sapa Gusti Moeng itu.

Gusti Moeng menambahkan, keraton merupakan warisan budaya bersifat kebendaan, yang sudah berstatus sebagai Benda Cagar Budaya (BCB) sesuai dengan UU No . 11 Tahun 2010.

Baca Juga :  UMS Akan Kukuhkan Prof Muhammad Da'i dan Prof Muhtadi Jadi Guru Besar ke-27 dan 28

“Jadi kita wajib menjaga dan melestarikannya,” ujarnya. A. Setiawan

Loading...