loading...
Loading...

SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM – Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan dua ekor sapi kurban di Solo. Masing-masing diserahkan kepada takmir Masjid Agung Keraton Kasunanan Surakarta dan Masjid Al-Wustho Mangkunegaran, Sabtu(10/8/2019).

Kedua sapi yang berjenis simental ini beratnya sekitar 1,4 ton dan 1,1 ton yang dibelinya dari peternakan Lembu Suro di Nogosari, Kabupaten Boyolali.

Sapi tersebut diantar ke Masjid Agung Surakarta sekitar pukul 17.50 WIB dan butuh waktu sekitar 20 menit untuk menurunkannya.

“Sapi yang diturunkan di Masjid Agung harganya Rp 98 juta, sedangkan yang di Mangkunegara Rp 73 juta dengan total harga Rp 171 juta,” ujar Andi Saputro, pemilik sapi.

Menurut Andi, sapi yang diberikan di Solo adalah sapi yang menang kontes. Hal itu membuat dirinya senang dan bangga atas pembelian sapi di grup Lembu Suro.

Baca Juga :  Seleksi Panwascam Kota Solo Akan Diikuti 70 Pendaftar
Joglosemarnews/A Setiawan

Pembelian itu, menurut Andi sudah dilakukan sejak satu bulan  yang lalu. Dan untuk itu, Dinas Peternakan Jawa Tengah juga sudah melakukan pengecekan di rumah.

Sementara itu, Ketua Takmir Masjid Agung Surakarta, HM Muhtarom menuturkan, sapi disembelih Minggu (11/8/2019) pagi setelah acara penyerahan sapi yang diwakilkan oleh Wakil Walikota Surakarta.

“Daging sapi itu akan dibagikan kepada masyarakat di wilayah Solo dan sekitarnya,” ujarnya.

Dikatakan, sapi yang diberikan tahun ini merupakan  sapi terbesar di  masjid kami.

“Dan alhamdulillah Pak Jokowi selalu memberi hewan qurban sejak masih menjadi walikota dulu,” tambahnya.

Baca Juga :  Kericuhan 2 Massa di Sekitar Markas NU Solo, Diduga Disebabkan Kasus Gus Muwafiq

Muhtarom menambahkan, selain Presiden Jokowi, politisi PDIP Puan Maharani dan Direktur BPJS masing-masing juga menyumbangkan seekor sapi.

“Sementara, sapi yang disumbangkan lewat masjid agung ini ada delapan ekor. Dan kambingnya 15 ekor,” ujarnya. A Setiawan

Loading...