JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Sukoharjo

Warga Telukan Langenharjo Sukoharjo Tertipu Calon Investor Pabrik Textile Hingga 6,5 Miliar

Keluarga korban dugaan penipuan di Polsek Bendosari. Dok. Polres Sukoharjo
Keluarga korban dugaan penipuan di Polsek Bendosari. Dok. Polres Sukoharjo

SUKOHARJO, JOGLOSEMARNEWS.COM – Seorang warga Telukan, Kecamatan Grogol Sukoharjo, Supradi, mengaku menjadi korban dugaan penipuan calon investor pabrik textile. Kerugian yang diderita bahkan mencapai Rp 6,5 miliar.

Dilansir dari Tribratanews.jateng.polri.go.id, Rabu (25/9/2019), Supradi mengaku telah mengurus pembelian tanah seluas 6,5 hektare di kawasan Paluhombo, Bendosari pada 2016. Tanah itu dia beli dari 20 petani setempat.

Menurut si calon investor R, tanah itu rencananya dijadikan pabrik industri textile. Tak hanya membeli tanah Supradi juga telah membantu proses pembuatan perizinan industri di kawasan tersebut.

Baca Juga :  Bikin Deg-degan, Hasil Pengundian Akhirnya Paslon EA Memperoleh Nomor Urut 1 Sedangkan Joswi Dapatkan Nomor Urut 2, Resmi Terpasang di APK 26 September Mulai Kampanye

Ketika proses jual beli tanah telah disetujui oleh para pemilik tanah, Supradi memberikan uang muka dengan uang pribadinya. Uang muka juga dilakukan saat mengurus perizinan hingga perizinan itu terbit.

Sayang ketika perizinan telah terbit, si calon investor justru kabur. Akibatnya dia mengalami kerugian material mencapai Rp 6,5 miliar dan nominal tersebut sudah ada kwitansi dan sudah ada dalam laporannya.

“Saya merasa tertuduh oleh pemilik lahan, karena mereka awalnya taunya saya yang membeli,” kata dia.

Baca Juga :  Ini Lho Lur Paslon Pilkada Sukoharjo 2020, Ada Joko Santosa-Wiwaha Aji Santosa Alias Joswi dan Etik Suryani-Agus Santosa Atau EA

Pada Oktober 2018, dia mengadukan masalah ini ke Polda Jateng, yang diteruskan menjadi laporan pada 4 Maret 2019. Dari laporan, Polda Jateng, R kemudian ditetapkan menjadi tersangka pada 25 Juli 2019.

Sementara itu pengacara Supradi, Badrus Zaman menyayangkan kepolisian belum melakukan penahanan terhadap R. Sedangkan statusnya sudah menjadi tersangka.

Pemberkasan kasus ini sudah hampir dilimpahkan ke pengadilan, tinggal melengkapi beberapa berkas.

Semantara Kapolsek Bendosari, AKP Zunaidi menambahkan kasus ini sepenuhnya ditangani oleh Polda Jateng. Pihaknya hanya dipinjami tempat. Aria/Polres Sukoharjo