JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Karanganyar

300 Atlet Olahraga Ekstrim dari 12 Negara Ramaikan Indonesia Open X Sport di Karanganyar

Foto/Wardoyo
Foto/Wardoyo

KARANGANYAR, JOGLOSEMARNEWS.COM Sebanyak 12 negara memastikan ambil bagian di Indonesia Open X Sport Championship (IOXC) ke 11  yang digelar di alun-alun Karanganyar sejak tanggal 25 Oktober-27 Oktober 2019 mendatang.

Ke 12 negara tersebut, masing-masing, Indonesia selaku tuan rumah,  Prancis, Singapura, Jepang, Kanada, Brunei Darussalam, Malaysia, Australia, Thailand, Philipina dan Amerika Serikat. Lebih dari 300 atit dari berbagai negara ini, bertarung dalam olahraga ekstrem (olahraga aksi) adalah istilah populer untuk olahraga yang memiliki tingkat bahaya yang tinggi ini.

Ada 6 (enam) jenis olahraga yang dilombakan pada IOXC 2019 yaitu Aggresive Inline, Skateboard, BMX, BBoy, dan Freestyle Basketball, dan Freestyle Soccer. Sebagai tambahan, diwadahi pula Fun Climbing (Spider Kids) bagi anak usia dibawah 8 tahun.

Baca Juga :  Duh, 2 Bulan Jelang Tutup Buku, Serapan Anggaran di Karanganyar Ternyata Belum Ada 50 % . Kerjaan Fisik Juga Baru 55 %, Ada Apa?

Deputy bidang pembudayaan olah raga Kementerian Pemuda Dan Olah Raga (Kemenpora), Raden Isnanta, kepada hariankota.com, mengatakan, Olahraga adalah wahana terbaik untuk menggugah dan membangkitkan potensi besar manusia-manusia Indonesia.

Melalui olahraga, menurutnya, rakyat Indonesia akan memiliki karakter dan integritas yang kuat serta menjunjung tinggi sportivitas.

Sehingga olahraga harus menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat Indonesia sehari-hari. Olahraga ekstrem, ujarnya,  sudah seharusnya mendapat tempat tersendiri di hati masyarakat.

“Kreativitas anak muda bisa diubah menjadi prestasi jika diwadahi dengan baik oleh pemerintah. Melalui olahraga, anak muda dapat terhindar dari perbuatan serta pikiran negatif yang sering datang pada raga yang tak suka bergerak, pada raga yang tak suka berkreasi,” ujarnya, Sabtu (26/10/2019).

Baca Juga :  Raperda Pemakaman di Karanganyar,  Fraksi PKS Minta Ada Pengaturan Pengawalan Jenazah, FPKB Minta Retribusi dan Layanan Diatur Lebih Jelas!

Dijelaskannya, Indonesia Open X-Sports Championship (IOXC) 2019 merupakan salah satu program Kemenpora,  dibawah naungan Deputi Bidang Pembudayaan Olahraga.

IOXC merupakan wujud perhatian pemerintah untuk merangkul anak muda pecinta olahraga ekstrem dalam menyalurkan hobi serta bakat.

“ Dengan slogan Extreme Action with Attitude, IOXC ingin menunjukkan bahwa pelaku dan pecinta olahraga ekstrem dapat memberikan sesuatu yang membanggakan negeri,” kata dia. Wardoyo