loading...
Lima calon di Pilkades Taraman, Kecamatan Sidoharjo, Sragen saat menunjukkan nomor urut bersama jajaran panitia Pilkades dan Muspika. Foto/Wardoyo

SRAGEN, JOGLOSEMARNEWS.COM Pilkades serentak di Kecamatan Sidoharjo, Kamis (26/9/2019) digelar di sembilan desa.

Hasilnya pun diwarnai sejumlah kejutan. Dari sembilan desa yang menggelar Pilkades di kecamatan ini, tiga calon berlabel petahana alias incumbent harus menerima kenyataan kalah oleh slogan ganti lurah.

Tiga petahana yang gagal bertahan itu masing-masing di Pilkades Pandak, Pilkades Singopadu dan Taraman. Khusus untuk Pilkades Taraman, hasil akhir Pilkades memang banyak di luar dugaan.

Calon petahana, Agus Nardiyanto Sodron yang sejak awal lebih diunggulkan, secara mengejutkan harus takluk di tangan anak muda bernama Anang Cahyono.

Anang yang maju menggantikan bapaknya, Kamdijo yang tersingkir dalam proses seleksi tertulis, di luar dugaan justru keluar sebagai pemenang dengan keunggulan hampir 300 suara lebih.

Pilkades Taraman juga mencetak sejarah. Selain melahirkan pemimpin berusia muda, yakni 27 tahun, Pilkades di desa tertajir di Sidoharjo ini juga diikuti oleh 11 pendaftar atau yang terbanyak dalam sejarah Pilkades di Sragen.

Meski tiga petahana tumbang, virus ganti lurah rupanya tak berlalu di lima desa lainnya. Yakni Patihan, Bentak, Tenggak, Sidoharjo dan Sribit.

Baca Juga :  Bupati Sragen Minta Semua Pemudik dari Kota Zona Merah Corona Lapor dan Periksa ke Puskesmas. Ungkap Ada Keluarga Malah Sembunyi Karena Takut Dimasukkan ODP, Jangan Egois Lah!

Di lima desa ini, calon berlabel petahana masih relatif dicintai warganya dan berhasil mempertahankan tahta.

Sementara satu desa lainnya, yakni Duyungan yang sempat diwarnai insiden kampanye panas, akhirnya dimenangkan Arie Kurniawati dengan keunggulan signifikan atas Ali Mukhsin.

Kabag Pemdes Setda Sragen, Hiladawati Aziroh mengatakan dari 167 desa penyelenggara Pilkades, semua sudah menyelesaikan pleno penetapan hasil Pilkades dan calon terpilih pada Jumat (27/9/2019).

Sementara dari jadwal tahapan Pilkades 2019 yang sudah dirancang Pemkab, agenda selanjutnya, laporan panitia pilkades kepada BPD tentang Hasil Pilkades yang dijadwalkan tanggal 2-4 Oktober 2019.

Kemudian penyampaian Calon Kades terpilih dari BPD kepada bupati pada 7-8 Oktober 2019. Dilanjutkan penyusunan SK Bupati tentang pengesahan pengangkatan Kades terpilih yang dijadwalkan 9 Oktober -19 November 2019 dilanjutkan pengambilan sumpah janji atau pelantikan. Wardoyo

HASIL PILKADES KECAMATAN SIDOHARJO:

1. DESA SIDOHARJO

Titik Saptawati (P)- 2313

Lilik Anes – 437

2. DESA BENTAK

Sri Lestari (P)- 1649

Baca Juga :  Kerahkan Ratusan Prajurit Blusukan Semprot Desinfektan, Dandim Sragen Berharap Badai Covid-19 di Indonesia dan Dunia Segera Berakhir!

Wito Suwarno – 600

Habib Khirzin – 29

3. DESA PATIHAN

Tri Mulyono (P) – 2495

Sri Lestari – 2060

4. DESA SRIBIT

Sutaryo (P)- 1057

Sutimin – 667

5. DESA TARAMAN

Anang Cahyono – 1762

Agus Nardiyanto (P)- 1420

Reni Puji- 14

Gunadi – 11

Eko Purnomo – 4

6. DESA PANDAK

Surono – 1021

Joko Suwanto (P)- 800

7. DESA SINGOPADU

Sukarno – 1256

Heru Tarwoco (P)- 1206

8. DESA TENGGAK

Setiyanto (P)- 1323

Suwarno – 734

9. DESA DUYUNGAN

Arie Kurniawati – 2517

Ali Mukhsin – 1465

Agus Ardhi Antomo- 11

Ket: (P) – petahana

Sumber: Tim Desk Kabupaten