JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Sragen

Kebakaran Hebat Landa Jekawal Tangen, 3 Rumah, Mobil dan Motor Ludes Tak Tersisa. Warga Berhamburan, Kerugian Capai Rp 250 Juta 

Kobaran api yang melahap tiga rumah milik warga di Jekawal, Tangen, Sragen, Selasa (15/10/2019) malam. Foto/Wardoyo
surakarta.ut.ac.id
surakarta.ut.ac.id
surakarta.ut.ac.id
Kobaran api yang melahap tiga rumah milik warga di Jekawal, Tangen, Sragen, Selasa (15/10/2019) malam. Foto/Wardoyo

SRAGEN, JOGLOSEMARNEWS.COM Kebakaran hebat melanda Desa Jekawal, Kecamatan Tangen, Sragen, Selasa (15/10/2019) malam. Tiga rumah berikut harta benda di dalamnya ludes tak tersisa.

Tak hanya itu, satu mobil dan motor serta berbagai barang elektronik juga tak bisa terselamatkan. Beruntung tak ada korban jiwa meski kerugian mencapai ratusan juta.

Data yang dihimpun di lapangan, kobaran api kali pertama terjadi pukul 18.44 WIB. Tiga rumah yang terbakar masing-masing milik Jakiyo (62) warga Dukuh Jekawal RT 11 yang ditinggali bersama istrinya, Yatmi (60) dan Yatno (35).

Menurut keterangan warga, api kali pertama muncul dari mobil milik korban yang mengalami korsleting. Hubungan arus pendek itu kemudian menyulut percikan api.

Baca Juga :  Disambut Tepuk Tangan, Bupati Sragen Sampaikan Batalkan Rencana Perobohan dan Pembongkaran Semua Tugu Perguruan Silat. Kapolres Tekankan Semua Jaga Kamtibmas

Kobaran api makin menjadi dan kemudian melahap bangunan rumah korban.

Konstruksi rumah yang sebagian dari kayu membuat kobaran api makin tak terkendali. Api melahap satu persatu rumah korban tanpa bisa dicegah.

Korban dan warga berupaya memadamkan api, namun tak berhasil.

Lokasi kebakaran yang agak sulit, sempat membuat mobil pemadam kesulitan menjangkau.

Tim PMI Sragen, BPBD dan Damkar saat melakukan assesment dan pemadaman. Foto/Wardoyo

Namun setelah tiba dan berjibaku hampir tiga jam, api berhasil dikondisikan. Akan tetapi, tiga unit rumah milik korban sudah terlanjur hangus tak tersisa.

Kapolres Sragen AKBP Yimmy Kurniawan melalui Kasubag Humas AKP Agus Jumadi membenarkan kejadian itu. Menurutnya tidak ada korban jiwa dalam musibah tersebut.

Baca Juga :  Di Hadapan Pengurus 10 Perguruan Silat di Sragen, Danrem 074 Surakarta Ternyata Akui Bangga Melihat Pesilat. Ungkap Dirinya Juga Pernah Ikut Perguruan Silat Ini!

Namun kerugian ditaksir mencapai RP 250 juta. Selain tiga rumah, barang yang ludes terbakar adalah satu unit mobil, motor, surat berharga, mesin pompa air 5 PK dan lainnya.

“Informasi sementara, penyebabnya adalah korsleting listrik dari mobil korban,” paparnya.

Terpisah, Kepala Markas PMI Sragen Wahdadi menyampaikan tak lama setelah menerima laporan, tim PMI Sragen bersama Tim PSC 119 meluncur ke lokasi kejadian untuk melakukan assesment dan backup medis.

“Tiga rumah tidak bisa ditinggali karena rusak berat. Sementara korban tinggal sementara di rumah tetangga yang tidak jauh dari rumah korban. Api bisa terkondisikan pukul 20.30 WIB,” tandasnya Selasa (15/10/2019) malam. Wardoyo