JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Pendidikan

Nasi Sedekah Jumat Alias Nasehat Al Firdaus, Seribu Nasi Kotak untuk Para Pekerja Pasar dari Siswa Al Firdaus

Kegiatan pembagian Nasi Sedekah Jumat (Nasehat) Al Firdaus, Jumat (11/10/2019). Istimewa.
loading...
Kegiatan pembagian Nasi Sedekah Jumat (Nasehat) Al Firdaus, Jumat (11/10/2019). Istimewa.

SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM – Giving contribution to other atau berbagi kepada sesama menjadi semangat yang ditanamkan Al Firdaus pada anak-anak didiknya. Konsep ini pun sangat didukung penuh oleh para orangtua dalam pendidikan anak-anak. Kolaborasi antara sekolah dengan orangtua pun makin terjalin dalam program giving contribution Nasehat Al Firdaus: Nasi Sedekah Jumat Al Firdaus.

Kegiatan nasi sedekah Jumat menjadi kegiatan rutin Al Firdaus. Kegiatan kali ini, Jumat (11/10/2019) menjadi lebih meriah dengan keterlibatan seluruh siswa Grade 6 SD Al Firdaus yang membagikan seribu nasi kotak pada para pekerja di kawasan Pasar Gede dan Pasar Legi Solo. Tak hanya di siswa kelas 6, kegiatan berbagi juga dilaksanakan di area Terminal Tirtonadi dan Stasiun Balapan oleh para siswa kelas Kindergarten 1 bersama para orangtua siswa dan guru-guru mereka.

Para siswa langsung menyebar ke berbagai lokasi pasar dengan membawa paket nasi yang terdiri dari nasi lauk, buah, dan air minum, utamanya kepada para pekerja kasar serta pengendara becak yang ada di wilayah tersebut. Kedatangan anak-anak didik ini pun disambut dengan sangat baik oleh para pekerja-pekerja di pasar.

Baca Juga :  Pemkot Solo Perpanjang Batasan Operasional Tempat Hiburan

“Ini Bu, untuk makan siang nanti ya. Semoga makin berkah bekerjanya, Bu.” ucap Alia, salah satu siswa yang mengikuti kegiatan. Alia dan teman-temannya pun seperti tak menghiraukan terik panas matahari saat berbagi kepada bapak-bapak dan ibu-ibu di pasar tradisional itu.

Ketua Komite Sekolah Al Firdaus yang merupakan gabungan orangtua siswa, Win Aditya, mengatakan kegiatan berbagi ini telah menjadi kegiatan rutin setiap hari Jumat. “Alhamdulillah, kegiatan hari ini berjalan lancar. Biasanya kami membagikan sekitar 100 kotak nasi dan pada hari ini sangat special dengan jumlah yang dibagikan lebih besar dan semakin banyak siswa dan orangtua yang terlibat. Anak-anak dapat berbagi langsung kepada para tukang becak, buruh panggul, peminta-minta, tukang parkir, hingga pedagang yang ada di pasar tradisional itu,” kata Aditya.

Baca Juga :  Cegah Corona, Warga Petoran RW 06 Jebres Lakukan Penyemprotan Mandiri

Ia menjelaskan kegiatan ini dimaksudkan agar anak terbiasa peduli, berbagi dengan tulus dan kasih sayang dg hati ringan dan bahagia (caring), jg senantiasa mensyukuri nikmat pada diri (appreciation). Anak sekaligus mengetahui lebih dekat bahwa masih banyak orang yg membutuhkan uluran tangannya (reflective). Triawati PP