JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Pesawat R80 Bikinan BJ Habibie Bakal Dikerjakan 2023

   
Tempo.co

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM  – Menteri Koordinator Perekonomian, Darmin Nasution, menegaskan, salah satu program dalam Proyek Strategis Nasional (PSN) adalah terkait pesawat terbang.

Dalamprogram ini, pesawat R80 yang dikembangkan oleh BJ Habibie masuk dalam salah satu dari tiga program dalam PSN yang dikelola oleh Komite Percepatan Penyediaan Infrastruktur Prioritas (KPPIP) tersebut.

“Program yang ke dua adalah pesawat terbang. Ada yang akan dikembangkan oleh Kementerian Perindustrian, ada yang dikembangkan oleh almarhum Pak Habibie,” ujarnya dalam Seminar Nasional Infrastruktur Menuju Indonesia Maju 2024 di Jakarta, Rabu ( 2/10/2019).

Baca Juga :  Tolak Bobby Nasution di Pilgub Sumut, Pengamat: PDIP Harus Punya Calon Internal yang Kuat

Diketahui kelanjutan proyek pesawat terbang yang dikembangkan Habibie terus dilakukan oleh Regio Aviasi Industri (RAI)-sebuah perusahaan yang didirikan olehnya pada 2012 silam.

Seperti dikutip dari laman resmi RAI, pesawat R80 didesain mampu menampung hingga 90 penumpang. Dengan penggabungan struktur desain yang canggih dan mesin yang memiliki efisiensi tinggi, pesawat ini digadang-gadang minim biaya operasional.

Baca Juga :  Susul Megawati dan BEM 4 Perguruan Tinggi, Rizieq Shihab dan Din Syamsuddin Cs Ajukan Amicus Curiae ke MK

Berdasarkan data dari Komite Percepatan Penyediaan Infrastruktur Prioritas (KPPIP) pengembangan pesawat R80 membutuhkan dana sebesar Rp 6,75 triliun.

Selain dari APBN, program itu diharapkan juga didanai oleh BUMN dan swasta. Ditargetkan proyek itu mulai dikerjakan pada 2023. Selain itu, upaya pendanaan dari crowd funding juga dilakukan oleh komunitas diaspora yang tersebar di banyak tempat.

www.tempo.co

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com