JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Sragen

Sindir Perangkatnya Yang Diduga Selingkuh, Warga Tlogotirto Sumberlawang Demo Bawa Poster “Penake 5 Menit Rekosone Sundul Langit” 

Sejumlah warga Desa Tlogotirto Sumberlawang saat membentangkan poster sindiran saat melakukan aksi melayangkan surat aduan dugaan affair perangkat desanya ke Kantor Kecamatan Sumberlawang, Rabu (23/10/2019). Foto/Istimewa
surakarta.ut.ac.id
surakarta.ut.ac.id
surakarta.ut.ac.id
Sejumlah warga Desa Tlogotirto Sumberlawang saat membentangkan poster saat melakukan aksi melayangkan surat aduan dugaan affair perangkat desanya ke Kantor Kecamatan Sumberlawang, Rabu (23/10/2019). Foto/Istimewa

SRAGEN, JOGLOSEMARNEWS.COM  Belasan warga Desa Tlogotirto, Kecamatan Sumberlawang yang tergabung dalam Forum Masyarakat Tlogotirto mendatangi kantor desa dan kecamatan setempat, Rabu (23/10/2019).

Kedatangan mereka untuk menyampaikan surat aduan terkait dugaan affair yang melibatkan dua oknum perangkat desa di wilayah itu.

Mereka juga meminta agar kedua oknum perangkat itu mengundurkan diri atau diberhentikan serta meminta maaf kepada masyarakat.

Menariknya, selain melayangkan surat aduan, massa juga membawa poster bertuliskan sindiran yang menggelitik. Satu poster bertuliskan “Penake 5 Menit, Rekosone Sundul Langit” dan satu poster bertuliskan “Seng Penak Kowe Karo Deke, Seng Karipan Tanggane”.

Poster itu dibentangkan di halaman kantor kecamatan Sumberlawang sesaat seusai mereka melayangkan surat aduan.

Di kantor kecamatan, massa diterima oleh Kasi Pemerintahan, Iwan Budiyanto.

Salah satu tokoh, Dwi Kusmanto (31) warga Jengglengan RT 17, Desa Tlogotirto, Sumberlawang mengungkapkan aksi itu terpaksa dilakukan lantaran warga sudah lama mengendus ada indikasi hubungan tak wajar antara dua oknum perangkat lawan jenis di desanya.

Baca Juga :  Diliputi Wajah Sedih, Keluarga 3 Korban Tewas Kecelakaan Maut Plupuh Sragen Terima Santunan Rp 150 Juta dari Jasa Raharja

Warga merasakan gelagat  hubungan terlarang keduanya sejak hampir setahun.

Puncaknya ketika sekitar dua pekan silam, warga sempat memergoki oknum perangkat desa yang laki-laki bertandang ke rumah oknum perangkat perempuan sampai lewat tengah malam.

“Warga sudah resah dan meminta agar ada tindakan atau sanksi. Kalau bertamu sampai tengah malam pukul 00.30 WIB sedangkan yang perempuan statusnya janda, apa ya wajar. Kemarin pas dinihari itu warga sempat hendak menggerebek tapi baru sampai halaman,yang lelaki sudah keluar,” papar Dwi saat dihubungi wartawan, Rabu (23/10/2019).

Dwi menguraikan surat yang dilayangkan ke kecamatan sifatnya hanya tembusan. Sedangkan surat utamanya ditujukan ke bupati, Ketua DPRD dan kepolisian.

Saat dikonfirmasi, Camat Sumberlawang Heru Susanto melalui Kasi Pemerintahan, Iwan Budiyanto membenarkan bahwa telah menerima surat aduan dan tuntutan dari warga Tlogotirto perihal indikasi hubungan affair tersebut.

Baca Juga :  Innalillahi, Kakek 77 Tahun PDP Corona Asal Gemolong Sragen Meninggal Dunia. Jadi Korban Meninggal ke-25, Begini Riwayatnya!

“Iya tadi ada surat aduan dari warga Tlogotirto. Tapi sifatnya hanya tembusan. Suratnya sudah kami terima,” paparnya.

Terkait langkah yang akan diambil, pihaknya mengaku menunggu kebijakan pimpinan. Sebab pimpinannya, Camat  sedang acara di Jakarta sedangkan Sekcam sedang Bintek di Tawangmangu.

Terpisah, Sekretaris Desa Tlogotirto, Darmawan saat dikonfirmasi juga tak menampik memang ada surat aduan soal dugaan perselingkuhan oknum perangkat yang dilayangkan oleh sejumlah warga ke desa.

Namun perihal tindaklanjutnya, pihaknya belum bisa berkomentar.

“Iya ada (surat aduan). Suratnya sudah kami terima. Kami belum bisa menindaklanjuti karena masih menunggu. Maaf ya Mas, ini masih repot,” ujarnya dikonfirmasi bia telepon, Jumat (25/10/2019) siang. Wardoyo