JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Akademia

UNS Kerjasama dengan Taiwan Center Gelar Job Fair Internasional

Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta menggelar Job Fair internasional dengan tiga perusahaan asal Taiwan di Aula Fakultas Hukum (FH) UNS, Rabu (23/10/2019). Humas UNS
loading...
Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta menggelar Job Fair internasional dengan tiga perusahaan asal Taiwan di Aula Fakultas Hukum (FH) UNS, Rabu (23/10/2019). Humas UNS

SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM – Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta menggelar Job Fair internasional dengan tiga perusahaan asal Taiwan di Aula Fakultas Hukum (FH) UNS, Rabu (23/10/2019). Tiga perusahaan tersebut adalah ACTi Corporation, HCP Pump Manufacture, dan PEGATRON Corp.

Job Fair yang bertajuk “UNS-Taiwan Job Fair” tersebut merupakan kerjasama Career Development Center (CDC) dan International Office (IO) UNS dengan Taiwan Center, TETO Kantor Dagang Taiwan di Jakarta dan Ministry of Economy Affairs Taiwan.

“Ini adalah Job Fair internasional pertama di UNS, karena biasanya CDC UNS hanya menghadirkan perusahaan-perusahaan nasional,” jelas Murni Ramli, S.P., M.Si., Kepala Deputi International Office UNS.

Sementara itu, Wakil Rektor Bidang Akademik UNS, Prof. Ahmad Yunus mengatakan bahwa agenda tersebut bertujuan untuk membuka kesempatan bagi para alumni UNS khususnya agar dapat berkarya di perusahaan multinasional dan internasional. Selain itu, hal ini termasuk dalam upaya menuju World Class University, di mana salah satu hal yang dinilai adalah seberapa banyak alumni UNS yang bekerja di perusahaan multinasional.

Baca Juga :  Berbagi Kebahagian, Kagama Arab Saudi Bagikan Sembako, Alat Kebersihan dan Uang di Solo

“Program kami ini adalah untuk menyerap mahasiswa yang berkualitas. Ini adalah kesempatan besar bagi alumni UNS untuk mendapat pekerjaan di perusahaan Taiwan,” jelas Prof. Ahmad.

James Chang, perwakilan dari perusahaan Taiwan menyampaikan bahwa selain mencari talenta dari Indonesia, pada Job Fair kali itu mereka juga ingin memperkenalkan sistem industri di Taiwan melalui sebuah presentasi.

“Kami terus menerus mencari talenta dari Indonesia. Sehingga kalian bisa tinggal untuk bekerja di Taiwan. Kalian dapat mempelajari lebih dalam lagi mengenai Taiwan dan tentang perusahaan Taiwan,” ucap James.

Presentasi singkat disampaikan oleh Dr. Teresa Poon, First Research Division Chung Hua Institution for Economic Research. Ia memaparkan perihal Bagaimana Hidup dan Bekerja di Taiwan.

Dr. Teresa juga menyatakan bahwa Indonesia merupakan salah satu mitra usaha terbaik Taiwan dengan 1.021 atau sekitar 3.40% tenaga profesional yang ada di Taiwan.

Sementara itu, jumlah peserta yang mendaftar job fair tersebut mencapai 500 orang. Sejumlah 500 orang tersebut dijadwalkan akan mengikuti wawancara langsung di tempat oleh perusahaan mitra. Tetapi terdapat perubahan agenda dikarenakan para perusahaan mitra memiliki kegiatan mendesak lainnya yang tidak dapat ditinggalkan. Sehingga para peserta cukup mengumpulkan CV dan berkas-berkas lainnya.

Baca Juga :  Hapus Stigma RS Corona, RSUD Moewardi Pastikan Aman untuk Pasien Umum

Ada beberapa alasan mengapa UNS memilih perusahaan dari Taiwan sebagai mitra job fair tersebut. Salah satunya adalah semakin meningkatnya ekspansi dari perusahaan Taiwan di Indonesia.

“Harapannya ke depan semakin banyak perusahaan yang terlibat. Kami juga berharap perusahaan-perusahaan tersebut bersedia untuk masuk ke UNS dalam kegiatan insentif di fakultas-fakultas yang berkaitan seperti pertanian atau ekonomi misalnya. Kita juga sudah menandatangani MoU, sehingga memungkinkan mahasiswa UNS untuk berinteraksi di Taiwan sekaligus bekerja setelah lulus,” tambah Murni Ramli. Triawati PP