JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Pendidikan

44 Siswa SD di Sukoharjo Ikuti Lomba Mendongeng di Arpusda Sukoharjo

Joglosemarnews

SUKOHARJO, JOGLOSEMARNEWS.COM – Sebanyak 49 siswa Sekolah Dasar (SD) di Kabupaten Sukoharjo antusias mengikuti lomba bercerita yang digelar oleh kantor Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (Arpusda) Kabupaten Sukoharjo, Kamis (21/11/2019).

Lomba yang mengusung tema Aku Cinta Sukoharjo tersebut menghadirkan tiga orang juri yang semuanya penulis, yakni Daniel Agus Maryanto, Bambang Hermanto dan Hamdani MW.

“Sebenarnya total peserta ada 50 anak, tapi ada enam orang yang tidak hadir tanpa keterangan,” ujar Annisa Kartika selaku panitia.

Dijelaskan, dalam lomba yang berlangsung di pendapa Arpusda Sukoharjo tersebut, peserta diberi opsi beberapa cerita sejaah dan budaya lokal Sukoharjo. Ada beberapa alternatif judul cerita yaitu Asal Mula Kota Sukoharjo, Legenda Ki Ageng Balak, Legenda Ki Ageng Sutawijaya dan Terjadinya Kraton Pajang.

Baca Juga :  UMS Kirim Tiga Tim Robotic dalam Kontes Robot Indonesia. Digelar secara Online, Tampilkan Robot Penyemprot Disinfektan dan Robot Tari Enggang

“Semuanya diambil dari buku-buku karangan pak Daniel Agus Maryanto, penulis asal Sukoharjo,” ujarnya.

Antusiasme para peserta cukup terlihat dalam lomba tersebut. Ada beberapa peserta yang berpakaian seragam sekolah, namun ada sebagian peserta yang dari rumah sudah didandani dengan pakaian dan asesoris.

Sementara, ada pula beberapa peserta yang menggunakan properti dalam bercerita, seperti tongkat, kotak ajaib dan tanduk buatan dari kardus.

Berhasil menjadi juara I, Annida Aulia N (MIN 4 sukoharjo), Juara II diraih Salsabila SK (MIN 4 Sukoharjo) dan Juara III Revalina LS (Min 2 Sukoharjo.

Sementara itu Juara Harapan I diraih Neffa Aulia Arthesari (MIN 4 Sukoharjo), Juara Harapan 2 Refeufa Asyala O (SDIT MTA Sukoharjo) dan Juara Harapan 3 Annisa dian P (SDN Telukan 02).

Baca Juga :  Aku Pintar Kembangkan Aku Pintar Sekolah, Permudah Guru Melaporkan KBM secara Digitalisasi

Juara I dengan total nilai 262 mendapat hadiah berupa uang pembinaan senilai Rp 600.000. Juara II (257) menerima Rp 500.000 dan Juara III (252) mendapatkan Rp 400.000.

Juara Harapan I dengan total nilai 248 mendapatkan uang pembinaan sebesar Rp 300.000. Juara Harapan II (240) senilai
Rp 250.000 dan Juara Harapan III (235) mendapatkan uang pembinaan Rp 200.000.

Masing-masing dari para juara tersebut juga menerima trofi dan swjumlah buku dari Arpusda Kabupaten Sukoharjo.

Sementara itu, sebagai bentuk apresiasi terhadap gerakan literasi, para peserta yang tidak mendapat juara, tetap mendapatkan hadiah hiburan berupa buku hasil karya para juri, yang kebetulan semuanya penulis. suhamdani