JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Wonogiri

Apa Sih Manfaat Sidang di Tempat Bagi Pelanggar Lalu Lintas Itu?Berikut Penjelasan Kepolisian dan Institusi Terkait Lainnya di Wonogiri

Razia lalu lintas di Wonogiri
Razia lalu lintas di Wonogiri

WONOGIRI, JOGLOSEMARNEWS.COM – Operasi Zebra Candi 2019, masih digalakkan oleh Polres Wonogiri. Setiap pelanggar yang terjaring diwajibkan menyelesaikan kewajiban sesuai regulasi yang berlaku.

Untuk menimbulkan efek jera sekaligus mengedukasi masyarakat, kepolisan juga menggelar sistem sidang di tempat untuk pelanggar lalu lintas. Sidang di tempat ini dilaksanakan di komplek agraria di Jalan Pemuda Wonogiri samping kantor ATR/BPN Wonogiri, Senin (4/11/2019).

Kapolres Wonogiri AKBP Uri Nartanti Istiwidayati menuturkan ada sejumlah manfaat pelaksanaan sidang di tempat. Di antaranya lebih efektif dan efisien.

Baca Juga :  Sedulur Warga PSHT Wonogiri, Ini Lho Perintah Ketua PSHT Cabang Wonogiri Joko Prihanto. Diantaranya Tidak Bergerak ke Solo Tetap di Rumah, Patuh Protokol Kesehatan Termasuk Hindari Kerumunan Massa

“Masyarakat tidak tersita waktunya, ketika ada pelanggaran dapat diselesaikan di sini atau langsung bayar denda di sini,” jelas dia.

Sementara, Wakil Ketua Pengadilan Negeri Wonogiri Dwianto mengatakan, sistem sidang di tempat ini dilakukan bersama stakeholder lainnya. Seperti Kejari Wonogiri, Samsat dan Dinas Perhubungan Wonogiri.

“Manfaatnya bisa cepat, biaya murah. Dengan sidang di tempat ini kan lebih cepat, murah dan masyarakat tidak ribet,” beber dia.

Baca Juga :  Nyawiji Masih Menjadi Perselisihan Josss dan Harjo, Lantas Bagaimana Langkah KPU Maupun Bawaslu Wonogiri Menyikapi Permasalahan ini?

Kasatlantas Polres Wonogiri AKP Hendri S menambahkan, sistem bayar di tempat sudah lama digelar di Wonogiri. Sidang di tempat juga sebagai wujud pelayanan kepada masyarakat.

“Ke depan, kami bakal rutin menggelar sidang di tempat,” jelas dia.

Sejak Operasi Zebra digelar 23 Oktober, sudah ada 2.500 lebih pelanggar yang terjaring. Angka pelanggaran tersebut diklaim mengalami penurunan dibandingkan operasi zebra 2018 lalu yang mencapai 4.010 pelanggar. Aria