JOGLOSEMARNEWS.COM Umum Nasional

Arus Dukungan untuk Airlangga Menguat dari Mayoritas DPD I, Peluang Aklamasi

Tempo.co

JAKARTA, JOGLOSEMARNEWS.COM – Arus dukungan menguat untuk Airlangga Hartarto dalam bursa Ketua Umum Partai Golkar dalam Munas Desember 2019 mendatang.

Hal itu ditunjukkan dengan mengalirnya dukungan dari mayoritas Dewan Pimpinan Daerah (DPD) tingkat Partai Golkar.

Dukungan ini disampaikan dalam Rapat Pimpinan Nasional Partai Golkar di Hotel Ritz Carlton, Jakarta, yang berakhir dini hari Jumat (15/11/2019).

Ketua DPP Partai Golkar Ace Hasan Syadzily mengatakan ada peluang terjadi aklamasi di Munas.

“Tidak tertutup kemungkinan akan aklamasi jika tidak ada calon ketum yang mendapatkan dukungan 30 persen sebagaimana yang dipersyaratkan AD/ART,” kata Ace melalui pesan singkat kepada Tempo, Jumat (15/11/2019).

Sejauh ini, kata dia, ada 29 DPD I yang secara tegas mendukung Airlangga. Yakni DPD I Kalimantan Selatan, Jawa Barat, Sulawesi Utara, NTT, Sumatera Utara, Riau, Kalimantan Timur, Lampung, Kalimantan Barat, Gorontalo, DKI Jakarta.

Baca Juga :  Korban Pemerasan dan Pelecehan Seksual di Bandara Soekarno-Hatta Tak Kunjung Buat Laporan, Polisi akan Jemput Bola ke Bali: Supaya Terang Benderang

Kemudian Bengkulu, Jawa Timur, Sumatera Selatan, Yogykarta, Sulawesi Barat, Banten, Sulawesi Tengah, Kalimantan Tengah, Jawa Tengah, NTB, Kalimantan Utara, Sulawesi Selatan, Papua, Maluku, Maluku Utara, Bangka Belitung, dan Jambi.

Dukungan juga datang dari organisasi sayap, yakni KPPG, AMPG, serta organisasi pendiri dan didirikan Partai Golkar seperti Kosgoro 1957, MKGR, HWK, AMPI, dan pengajian Al Hidayah.

Ace pun yakin suara DPD tingkat kabupaten/kota akan mengikuti apa yang sudah diputuskan DPD I. Menurut dia, mayoritas DPD ini menginginkan terjadinya musyawarah mufakat dalam Munas Golkar.

Baca Juga :  Indonesia di Ambang Resesi, Ini Saran dari Pengamat Ekonomi: Masyarakat Menengah Atas Jangan Berhemat dan Tetap Belanja

“Semangat musyawarah mufakat ini ditunjukkan untuk menciptakan soliditas di tubuh Partai Golkar,” ujar anggota DPR ini.

Menurut Ace, banyaknya dukungan terhadap Airlangga ini sekaligus menepis anggapan adanya klaim dukungan terhadap calon lainnya. Namun dia mengakui ada sejumlah DPD yang mengusulkan agar dibuka ruang bagi orang lain yang akan maju.

“Ada satu dua DPD yang meminta Munas memberikan kesempatan kepada kader lainnya untuk maju menjadi calon ketum Partai Golkar,” ujar Ace.

Munas Golkar akan digelar pada 3-5 Desember mendatang di Jakarta. Selain Ketum inkumben Airlangga Hartarto, Wakil Koordinator Bidang Pratama DPP Golkar Bambang Soesatyo juga menyatakan akan maju dalam pencalonan ketua umum.

www.tempo.co