JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Sukoharjo

Begini Cara Menangani Korban Kecelakaan Lalu Lintas yang Benar Itu. Simak Pula Tahapan Tindakan yang Dilakukan oleh Polisi

Pelatihan penanganan kecelakaan lalu lintas di halaman Mapolres Sukoharjo. Dok. Humas Polres Sukoharjo
Pelatihan penanganan kecelakaan lalu lintas di halaman Mapolres Sukoharjo. Dok. Humas Polres Sukoharjo

SUKOHARJO, JOGLOSEMARNEWS.COM – Pernah melihat langsung kecelakaan lalu lintas namun bingung cara membantu kepolisian menangani korban dan barang bukti?Penjelasan dari Polres Sukoharjo ini wajib dijadikan pedoman.

Satlantas Polres Sukoharjo melalui Unit Kecelakaan Lalu Lintas menggelar pelatihan penanganan kecelakaan lalu lintas di halaman Mapolres Sukoharjo, Senin (18/11/2019). Pelatihan diikuti oleh puluhan personil yang terdiri dari anggota Satlantas, Satsabhara dan polisi wanita Polres Sukoharjo.

“Pelatihan penanganan kecelakaan lalu lintas ini diselenggarakan untuk memberikan pemahaman dan mengingatkan kembali kepada anggota Polri khususnya anggota Polres Sukoharjo dalam menangani kejadian kecelakaan lalu lintas,” terang Iptu Jaelani selaku Kanit Laka Polres Sukoharjo, Rabu (20/11/2019).

Baca Juga :  COVID-19 Sukoharjo, Terkini Pasien Meninggal Tambah 4 Menjadi 28 Orang, Jumlah Kasus Terkonfirmasi Positif Bertambah 12 di Angka 578

Dia menjelaskan, dalam menangani kecelakaan lalu lintas terdapat beberapa tahapan. Mulai dari mendatangi tempat kejadian perkara (TKP), melakukan tindakan pertama di TKP seperti menolong korban dan mengatur kelancaran lalu lintas.

Selanjutnya mengolah TKP awal seperti memberikan tanda di lokasi TKP, mengamankan barang bukti serta melakukan penyidikan perkara.

Baca Juga :  Catat Lur Ini Daftar Denda Bagi yang Tidak Memakai Masker di Sukoharjo, Awalnya 50 Ribu Kalau Masih Nekat Dendanya Bakal Digandakan

Disisi lain, Iptu Jaelani mengimbau kepada masyarakat apabila melihat atau mengalami kejadian kecelakaan lalu lintas untuk segera menghubungi pihak kepolisian terdekat. Selain itu, masyarakat juga dapat membantu korban laka lantas untuk melakukan tindakan pertama.

“Sekiranya kejadian laka lantas mengganggu lalu lintas, masyarakat dapat melakukan tindakan pertama, khususnya dalam menolong korban dan memindahkan barang bukti dengan memberikan tanda guna proses olah TKP lebih lanjut,” ujar dia. Aria/Humas Polres Sukoharjo