JOGLOSEMARNEWS.COM Edukasi Akademia

FKOR UNS Soroti “Intervensi Psikologis Terhadap Peningkatan Performa Pelaku Olahraga”

Fakultas Keolahragaan Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta mengelar seminar nasional dengan tema “Intervensi Psikologis Terhadap Peningkatan Performa Pelaku Olahraga”.   di Hall lantai 2 gedung FKOR UNS, Sabtu (2/11/2019). Humas UNS

SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM – Fakultas Keolahragaan Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta mengelar seminar nasional dengan tema “Intervensi Psikologis Terhadap Peningkatan Performa Pelaku Olahraga”. Seminar yang digelar di Hall lantai 2 gedung FKOR UNS, Sabtu (2/11/2019).

Prof Prof. Dr. rer. nat. Sadjidan, M. Si Wakil Rektor Bidang Perencanaan dan Kerja Sama Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta membuka acara seminar nasional “Intervensi Psikologis Terhadap Peningkatan Performa Pelaku Olahraga”.

Dihadapan peserta seminar yang hadir, Prof. Sadjidan secara khusus mengharapkan agar dengan terselenggaranya seminar nasional ini dapat menjawab tuntutan revolusi industri 4.0 dimana proses pembelajaran tidak hanya bertumpu pada konektifvitas internet saja, namun juga dapat dilakukan melalui forum atau diskusi.

“Di era revolusi industri 4.0 semuanya harus berubah. Sebab dengan adanya digitalitation advance kita harus siap menghadapi segala perubahan yg ada. Selain itu, pembelajaran revolusi industri 4.0 tidak hanya lewat kekuatan internet tapi bagaimana skill yg kita sampaikan kepada mahasiswa dapat memenuhi tuntutan abad 21 atau 4.0,” ucap Prof. Sadjidan.

Baca Juga :  Bawa Ratusan Botol Vodka, Whiskey dan Anggur Merah, Pemuda Boyolali Ini Diamankan Jajaran Polsek Banjarsari. Pelaku Sempat Hindari Razia, Namun....

“Dalam seminar ini membahas tentang “Intervensi Psikologis Terhadap Peningkatan Performa Pelaku Olahraga” dengan narasumber antara lain Dr Sapta Kunta Purnama Dekan FKor UNS dengan materi Pelatihan Mental untuk Atlet Disabilitas, Dr Miftakhul Jannah Ketua Asosiasi Pelatih Mental Olahraga Indonesia Materi Implikasi Latihan mental Terhadap olahraga dan Guntur Cahyo Utomo Pelatih mental timnas U-19 tahun 2013-2018 dengan membawakan Materi persiapan mental atlet secara menyeluruh dalam menghadapi kompetisi” ujar ketua panitia Febriani Fajar Ekawati, S.Pd., M.Or., Ph.D.

“Narasumber akan menjelaskan psikologi telah terbukti memberikan kontribusi terhadap peningkatan performa atlet. Managemen psikologi yang baik akan dapat membantu untuk adaptasi dilingkungan yang baru dan berujung pada keluarnya performa terbaik yang dimiliki oleh atlet”, imbuh Febriani Fajar Ekawati,

Baca Juga :  Jika Terpilih, Putra Presiden Jokowi Berjanji Prioritaskan Solo Mendapat Vaksin Covid-19

“Jika stres orang biasa karena keadaan atau situasi di kehidupan sehari-hari. Stres atlet terjadi karena saat dia mau bertanding atau karena beban latihan yang berat. Jika sisi psikologisnya tidak diintervensi, maka kan berpengaruh dengan perolehan hasilnya,” jelasnya.

“Intervensi psikologis itu bisa menyumbang prestasi juga bergantung dari cabang olahraga (cabor). Panahan, contohnya, itu sangat tinggi sekali peran intervensi psikologisnya. Disiplin terkait psikologis harus betul-betul diterapkan. Misalnya, mereka dalam kecemasan atau kalut, tidak akan muncul performa terbaik,” imbuh Dekan FKOR UNS, Sapta Kunta Purnama. Triawati PP