JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Boyolali

Gunung Merapi Meletus, Namun Masyarakat Tetap Tenang. Tinggi Kolom 1,5 Kilometer Abu Tipis Terasa Hingga Magelang dan Boyolali

Enkripsi Gunung Merapi, Sabtu (9/11/2019). Dok. BNPB
   
Enkripsi Gunung Merapi, Sabtu (9/11/2019). Dok. BNPB

BOYOLALI, JOGLOSEMARNEWS.COM – Gunung Merapi yang berada di berbatasan DIY dan Jawa Tengah mengalami erupsi, Sabtu (9/11/2019). Namun demikian masyarakat tetap tenang.

Warga juga dilaporkan oleh BPBD setempat beraktivitas seperti biasa.

Agus Wibowo, Kepala Pusat Data, Informasi dan Humas BNPB dalam rilisnya menyebutkan, abu tipis terdistribusi di beberapa wilayah sekitar lereng Gunung Merapi. Warga yang tinggal di Tlogo Lele, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah melaporkan adanya abu tipis. Demikian juga warga di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, seperti di Desa Babadan, Kecamatan Dukun dan Desa Wonolelo, Kecamatan Sawangan. Sedangkan di tempat lain, warga di wilayah Turi, Pakem dan Kota Yogyakarta tidak melihat adanya abu vulkanik.

Baca Juga :  Ramadhan, Ini Jam Kerja ASN di Boyolali

Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) melaporkan, terjadi awan panas letusan Gunung Merapi pada pagi tadi (9/11), pukul 06.21 WIB. Awan panas letusan tercatat di seismogram dengan amplitudo maksimum 65 mm dan durasi ± 160 detik. Terpantau kolom letusan setinggi 1.500 meter dari puncak condong ke barat.

PVMBG masih merekomendasi jarak bahaya 3 kilometer dari puncak. Di luar radius tersebut, masyarakat dapat beraktivitas seperti biasa. Terkait adanya hujan abu tipis, masyarakat diimbau untuk mengantisipasi gangguan akibat abu vulkanik, seperti menggunakan masker saat di luar rumah.

Baca Juga :  Pasca Upwelling, Disnakan Turun ke Waduk Cengklik: Kondisi Air Sudah Mulai Membaik

Rekomendasi lain dari Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) yaitu masyarakat dapat beraktivitas seperti biasa di luar radius 3 kilometer dari puncak Gunung Merapi. Masyakarat juga diminta waspada terhadap bahaya lahar terutama saat terjadi hujan di sekitar puncak.

PVMBG – Badan Geologi masih menetapkan Gunung Merapi pada status level II atau ‘Waspada’ sejak 21 Mei 2018. Aria

  • Pantau berita terbaru dari GOOGLE NEWS
  • Kontak Informasi Joglosemarnews.com:
  • Redaksi :redaksi@joglosemarnews.com
  • Kontak : joglosemarnews.com@gmail.com