JOGLOSEMARNEWS.COM Daerah Wonogiri

2 Kios Rusak Berat Ketika Bencana Longsor Landa Kecamatan Bulukerto Wonogiri, Di Selogiri Puting Beliung Rusak Rumah Warga

Longsor di Kecamatan Bulukerto Wonogiri. Dok. BPBD Wonogiri

WONOGIRI, JOGLOSEMARNEWS.COM – Kerugian sekitar 91 juta rupiah timbul saat terjadi 2 bencana alam sekaligus di Wonogiri, Senin (16/12/2019).

Bencana alam tersebut adalah tanah longsor dan angin puting beliung. Ketua bencana itu melanda dua kecamatan di Wonogiri.

Kepala Pelaksana BPBD Wonogiri, Bambang Haryanto Bencana mengatakan, tanah longsor melanda Kecamatan Bulukerto, sedangkan angin puting beliung menerjang Kecamatan Selogiri.

“Kerugian total sekitar Rp 91 juta,” ujar dia.

Di Kecamatan Bulukerto, tanah longsor terjadi di Desa Conto dan Domas. Di Desa Conto longsor tebing menimpa 2 kios usaha milik Mugiyanto. Alamat lengkapnya Dusun Nglarangan RT 1 RW 1 Desa Conto.

Baca Juga :  Jadi Plt Bupati Wonogiri Edy Santosa Berkantor Mulai 26 September, Imbas Bupati Joko Sutopo Alias Jekek Ambil Cuti Kampanye Pilkada Wonogiri 2020

Akibat diterjang material longsor, bangunan kios rusak berat. Kerugian sekitar Rp 80 juta. Dampak lain material longsor juga menimbun badan jalan desa, hingga akses kendaraan sempat terganggu.

“Tapi sekarang sudah lancar,” beber dia.

Sedangkan di Desa Domas material longsor mengakibatkan dinding tembok rumah Parman di RT 4 RW 1 Dusun Watuploso, ambrol. Tembok yang ambrol sepanjang 3,5 meter dengan ketinggian 3 meter.

Baca Juga :  Deklarasi Kampanye Damai Wonogiri Akhirnya Batal Digelar, ini Penyebabnya

“Kerugian materiil diperkirakan sekitar Rp 7 juta,” jelas dia. 

Sementara angin puting beliung membuat kerusakan pada atap rumah Suramto di RT 4 RW 9 Dusun Gunan Desa Jendi Kecamatan Selogiri. Kerusakan genting dan asbes dengan taksir kerugian sekitar Rp 4 juta. Ada juga 4 rumah lain yang mengalami kerusakan ringan. 

“Tanah longsor dan angin puting beliung tersebut tidak sampai menimbulkan korban jiwa maupun luka,” jelas dia. Aria